PELAKSANAAN PROGRAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN DI PT. ALMASINDO KABUPATEN BANDUNG (STUDI KASUS BAGIAN PRESSSHOP)

SRI RAHAYU, 142040009 (2018) PELAKSANAAN PROGRAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN DI PT. ALMASINDO KABUPATEN BANDUNG (STUDI KASUS BAGIAN PRESSSHOP). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
2. BAB 1 Jadwal penelitian.doc

Download (70kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
1. BAB 1.docx

Download (49kB)
[img] Text
3. BAB 2.docx

Download (44kB)
[img] Text
cover.docx

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img]
Preview
Image
IMG20180908081117.jpg

Download (1MB) | Preview

Abstract

PT. Almasindo merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri logam dengan produk utama yaitu peralatan dapur. Berdasarkan penelitian di PT. Almasindo, peneliti menemukan masalah dalam kegiatan perusahaan yaitu masih banyaknya barang reject periode 2016, banyaknya absen dengan keterangan surat dokter dan masih banyak kecelakaan kerja yang terjadi di PT. Almasindo. Permasalahan tersebut diduga karena karyawan belum memahami dan mentaati pentingnya masalah Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program keselamatan dan kesehatan kerja dapat meningkatkan kinerja karyawan studi kasus bidang PressShopdi PT. Almasindo Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan studi kepustakaan dan studi lapangan berupa observasi non partisipan, wawancara tidak terstruktur dan penyebaran kuesioner kepada 31 orang responden. Untuk analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data persentil dan garis kontinum. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian bahwa dalam garis kontinum menunjukan bahwa pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja di PT. Almasindo Bandung tergolong baik dengan skor sebesar 2.491 dan pencapaian kinerja di PT. Almasindo Bandung tergolong baik dengan skor 1.007. PT. Almasindo dalam pelaksanaan program keselamatan dan kesehatan kerja mengalami beberapa hambatan seperti, pengawasan yang kurang ketat, perusahaan belum sepenuhnya menyediakan obat-obatan untuk pertolongan pertama pada kecelakaan, perusahaan belum mendirikan fasilitas penunjang keselamatan dan kesehatan kerja bagi karyawan dan kurangnya simbol/tanda bahaya dalam mesin dan alat kerja yang digunakan. Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan antara lain pimpinan melakukan pengawasan intensif kepada para pegawai, perusahaan menambah dan melengkapi obat-obatan serta mendirikan fasilitas penujnang keselamatan dan kesehatan kerja, dan pemasangan poster untuk peringatan tanda bahaya. Saran-saran yang dapat peneliti kemukakan yaitu perusahaan memberikan sanksi tegas pada karyawan yang tidak mematuhi standar operasional prosedur, perusahaan bekerja sama dengan dokter dan rumah sakit setempat agar mempermudah pemeriksaan jika terjadi kecelakaan kerja, perusahaan menambah fasilitas penunjang seperti ruang P3K disetiap divisi, pemasangan CCTV di area kerja untuk memudahkan pengawasan oleh pimpinan, perusahaan melakukan pelatihan dan sosialisasi tentang keselamatan dan kesehatan kerja secara rutin. Kata kunci: Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Kinerja

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2018
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 08 Sep 2018 03:12
Last Modified: 08 Sep 2018 03:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36022

Actions (login required)

View Item View Item