PENERAPAN MODEL INQUIRY TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV SDN 2 Bojong Desa Bojong Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat)

Imas Septi Rahayu, 145060157 (2018) PENERAPAN MODEL INQUIRY TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV SDN 2 Bojong Desa Bojong Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SKRIPSI.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III SKRIPSI.pdf

Download (728kB) | Preview
[img] Text
BAB IV SKRIPSI FIKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dipengaruhi kurangnya pemahaman terhadap materi pembelajaran yang disebabkan penyampaian materi berpusat pada guru sehingga pembelajaran mejadi membosankan dan siswa menjadi pasif dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini dilaksan akan di kelas IV SDN 2 Bojong pada Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan diterapkannya model Inquiry Terbimbing sebagai alternatif dalam pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 3 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan nilai rata-rata yang terlihat dari hasil belajar siswa serta observasi guru. Pada penilaian pengetahuan dengan melakukan Pretest dan Postest, nilai rata-rata siklus I yaitu pretest 60, dan postets 75,2, nilai rata-rata siklus II yaitu pretest 65,5, dan postets 82, dan nilai rata-rata siklus III yaitu pretest 65, dan postets 90,8. Nilai rata-rata pada penilaian sikap santun dan peduli Siklus I yaitu 75,90 dan75, dan , siklus II yaitu 72,5 dan 85,7, serta siklus III yaitu 98 dan 95,5. Kesimpulan dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa model pembelajaran Inquiry Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman Kelas IV SDN 2 Bojong Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat. Kata kunci: Inquiry Terbimbing, Hasil belajar, Santun, Peduli.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 08 Sep 2018 03:02
Last Modified: 08 Sep 2018 03:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36020

Actions (login required)

View Item View Item