PENGAWASAN TERHADAP TENAGA KERJA ASING DI KOTA CILEGON DIHUBUNGKAN DENGAN PERATURAN MENTERI KETENAGA KERJAAN NOMOR 16 TAHUN 2015 TENTANG TATA CARA PENGGUNAAN TENAGA KERJA ASING

Aulia Iriani, 141000243 (2018) PENGAWASAN TERHADAP TENAGA KERJA ASING DI KOTA CILEGON DIHUBUNGKAN DENGAN PERATURAN MENTERI KETENAGA KERJAAN NOMOR 16 TAHUN 2015 TENTANG TATA CARA PENGGUNAAN TENAGA KERJA ASING. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Hukum Unpas.

[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI yang benar.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img]
Preview
Text
COVER KOMPRE BISMILLAH.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Pengawasan terhadap tenaga kerja asing di Kota Cilegon memuat masalah mengenai adanya pelanggaran di beberapa perusahaan yang berada di Kota Cilegon. Salah satu pelanggaran yang sangat banyak dilakukan yaitu mengenai surat izin mempekerjakan tenaga asing yang mengakibatkan pekerja tersebut disebut ilegal, dan lemahnya pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah menyebabkan tenaga kerja asing semakin tak terkendali. Penelitian ini mempertanyakan bagaimana pengawasan terhadap tenaga kerja asing berdasarkan Permenndagri Nomor 6 Tahun 2015, apa yang menjadi hambatan dalam melakukan pengawasan terhadap tenaga kerja asing, dan seperti apa upaya yang dilakukan dalam melakukan pengawasan terhadap tenaga kerja asing. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini spesifikasi deskriptif analitis. Metode pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif yaitu pendekatan dengan meneliti asas, norma dan kaidah. Tahap penelitian ini menggunakan penelitian pustaka dan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu studi dokumen dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode yuridis kualitatif. Hasil penelitian tersebut menjawab bahwa pemerintah mengharuskan Dinas Tenaga Kerja Kota Cilegon untuk memiliki ketentuan mengenai peraturan yang harus ditaati. Hambatan yang terjadi adalah minimnya pengawasan Dinas Tenaga Kerja, dikarenakan banyaknya jumlah tenaga kerja asing yang masuk sehingga hal tersebut sulit untuk mendeteksi keluar masuknta tenaga kerja asing di Kota Cilegon. Upaya yang dilakukan yaitu pengawasan rutin yang dilakukan, seperti pengecekan terhadap tenaga kerja asing yang telah habis masa kontraknya. Saran dari penulis yaitu harus dilakukan pengawasan secara ketat dari pihak Dinas Tenaga Kerja terhadap tenaga kerja asing sehingga tidak terjadinya keilegalan tenaga kerja asing dan dapat meninjau jumlah tenaga kerja asing yang masuk kewilayah Indonesia , yang sesuai dengan Peraturan Menteri Keteanagakerjaan Nomor 16 Tahun 2015 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing. Kata Kunci: Pengawasan, tenaga kerja asing, ilegal.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 07 Sep 2018 07:12
Last Modified: 07 Sep 2018 07:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36015

Actions (login required)

View Item View Item