SUATU TINJAUAN DESKRIPTIF TERHADAP PERAN TEMAN SEBAYA DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Sekolah Dasar Kelas IV di Gugus Kecamatan Caringin Kabupaten Garut Tahun 2017/2018)

Tia Nuragustiani, 145060150 (2018) SUATU TINJAUAN DESKRIPTIF TERHADAP PERAN TEMAN SEBAYA DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Sekolah Dasar Kelas IV di Gugus Kecamatan Caringin Kabupaten Garut Tahun 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COPER.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. INDONESIA.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. INGGRIS.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. SUNDA.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (148kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran teman sebaya dalam peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri se-Kecamatan Caringin. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian terdiri dari SDN se-Kecamatan Caringin. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SDN 1 Sukarame, SDN 2 Sukarame, dan SDN 3 Sukarame yang berjumlah 61 siswa yang diperoleh dengan teknik cluster sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif persentase. Metode ini digunakan untuk mengkaji variabel yang ada pada penelitian yaitu peran teman sebaya terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa skor peran teman sebaya dalam kategori sedang yaitu 77% dengan skor antara 65 sampai 84,5 ada 47 siswa. Sedangkan pada peningkatan hasil belajar siswa kaitannya dalam nilai kognitif hasilnya yaitu berada pada kategori baik yaitu 64% dengan skor antara 66 sampai 80 ada 39 siswa. Nilai afektif-pun dalam kategori baik di sikap bekerjasama sebesar 61%, sikap tanggung jawab sebesar 79% dan sikap percaya diri sebesar 82%. Dan Nilai Psikomotor pada kategori baik di teknik wawancara sebesar 85% dan di urutan wawancara sebesar 82%. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat dikatakan bahwa hasil belajar pada nilai kognitif, afektif dan psikomotor siswa kelas IV SD Negeri se-Kecamatan Caringin dalam kategori baik. Berdasarkan pengolahan data diketahui bahwa koefisien korelasi antara peran teman sebaya dalam peningkatan hasil belajar siswa yaitu 0,117 yang berarti peran teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 34%. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan antara peran teman sebaya terhadap peningkatan hasil belajar siswa dengan variasi skor siswa dipengaruhi oleh variabel peran teman sebaya sebesar 34%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Peran teman sebaya, Hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 07 Sep 2018 06:46
Last Modified: 07 Sep 2018 06:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36012

Actions (login required)

View Item View Item