PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Tema 1 Indahnya Kebersamaan di Kelas IV SDN Culamega Kecamatan Pasir Jambu Kota Bandung Tahun Ajaran 2018-2019)

META FEBRIANI PRATIWI, 145060261 (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Tema 1 Indahnya Kebersamaan di Kelas IV SDN Culamega Kecamatan Pasir Jambu Kota Bandung Tahun Ajaran 2018-2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Indonesia.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT Inggris.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Meta.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Meta.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Meta .pdf

Download (699kB) | Preview
[img] Text
BAB IV Meta.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V Meta.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA Meta.pdf

Download (108kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Culamega Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung dengan subjek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah 26 orang siswa. Penelitian ini didasari oleh hasil belajar siswa yang relatif rendah, pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan metode atau pendekatan secara tradisional. Guru hanya menggunakan metode ceramah saja dalam proses pembelajaran. Pembelajaran terjadi satu arah, sehingga kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran karena siswa kurang aktif dan kreatif malah cenderung pasif. Dalam hal ini siswa hanya duduk, mendengar, mencatat dan menghafal saja terhadap materi pelajaran. Siswa kurang memiliki sikap peduli dan santun dengan temannya untuk bertukar pikiran. Proses pembelajaran terasa membosankan dan hanya berpusat pada guru (Teacher Centered) yang berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa serta sikap peduli dan santun pada subtema keberagaman Budaya Bangsaku melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Model yang digunakan dalam model penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan terdiri dari 3 siklus, setiap siklus terdapat dua pertemuan dengan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi, dengan tujuan memperbaiki kualitas pembelajaran agar hasil belajar siswa dapat meningkat. Berdasarkan pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan, menunjukkan adanya peningkatan Sikap Peduli pada siklus I 40,39%, pada siklus II menjadi 65,39% dan pada siklus III mencapai 84,63%. Sedangkan pada Sikap Santun siswa pada siklus I 32,67%, pada siklus II menjadi 61,54% dan pada siklus III mencapai 86,54%. Keterampilan siswa mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 30,82%, pada siklus II menjadi 59,62% dan pada siklus III mencapai 83,18%. Dan terakhir adanya peningkatan pada hasil belajar siswa yaitu pada siklus I 38,46%, pada siklus II menjadi 50% dan pada siklus III mencapai 80,77%. Berdasarkan hasil di atas penelitian ini direkomendasikan sebagai salah satu bentuk inovasi pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa maupun dalam aspek lainnya sebagai salah satu cara mengatasi masalah-masalah dalam pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Sikap Peduli, Sikap Santun dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 07 Sep 2018 03:46
Last Modified: 07 Sep 2018 03:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35998

Actions (login required)

View Item View Item