REGINA MAYLIMA RISDIAN, 145060163 (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 5 Mekarsari Kota Banjar Tahun Pelajaran 2018 / 2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (479kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (98kB) | Preview |
Abstract
Penelitian yang berjudul penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman, dilatarbelakangi oleh permasalahan yaitu hasil belajar peserta didik yang belum memenuhi KKM yang telah ditetapkan, sehingga menyebabkan rendahnya sikap peduli dan santun serta keterampilan mengomunikasikan. Hal tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang cenerung menggunakan metode konvensioanal atau ceramah. Desain penelitian dalam skripsi menggunakan metode PTK yang terdiri dari 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A SD Negeri 5 Mekarsari kota Banjar, sebanyak 33 peserta didik yang terdiri dari 18 laki-laki dan 15 perempuan. Hasil penelitian pada siklus I pada aspek sikap yaitu peduli dan santun berada pada kategori Mulai Terlihat (MT). Pada siklus II sikap peserta didik meningkat pada kategori Mulai Berkembang (MB). Pada siklus III sikap peserta didik meningkat pada kategori Sudah Membudaya (SM) dari jumlah keseluruhan peserta didik. Hasil belajar pada aspek pengetahuan siklus I jumlah peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 20 peserta didik atau sebesar 61%. Pada siklus II jumlah peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 26 peserta didik atau sebesar 79%. Pada siklus III jumlah peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 29 peserta didik atau sebesar 88%. Pada aspek keterampilan siklus I cenderung berada pada kategori cukup (C). Pada siklus II cenderung berada pada kategori baik (B). Pada siklus III cenderung berada pada kategori sangat baik (A). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 07 Sep 2018 03:41 |
Last Modified: | 07 Sep 2018 03:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35997 |
Actions (login required)
View Item |