PENGGUNAAN MULTIMEDIA ANIMASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS

DERI ADIYANTO, 145040042 (2018) PENGGUNAAN MULTIMEDIA ANIMASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
PENGGUNAAN MULTIMEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I edit utk ke bu mia (1).pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (804kB) | Preview
[img] Text
BAB IV YANG BARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan multimedia animasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi virus. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek dari penelitian ini ditentukan dengan teknik purpossive sampling yaitu siswa kelas X MIPA-3 dan X MIPA-5 di SMA Negeri 1 Jatiwangi pada semester ganjil tahun ajaran 2018-2019. Hasil penelitian pada aspek kognitif pada kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata Pretest sebesar 35 dan skor rata-rata Posttest sebesar 80 serta dari hasil uji N-Gain memperoleh skor sebesar 0,69 dengan kategori sedang, sementara itu pada kelas kontrol memperoleh skor rata-rata Pretest sebesar 25 dan skor Posttest sebesar 75 serta dari hasil uji N-gain memperoleh skor sebesar 0,62 dengan kategori sedang. Kemudian, hasil penelitian pada aspek afektif pada kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata sebesar 85 dengan kategori sangat baik sedangkan pada kelas kontrol memperoleh skor rata-rata 83 dengan kategori sangat baik dan aspek psikomotor pada kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata sebesar 87 dengan kategori sangat baik sedangkan pada kelas kontrol memperoleh skor 83 dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa kelas eksperimen memperoleh skor lebih tinggi dari kelas kontrol.Dari data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Virus. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Multimedia Animasi, Virus

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 07 Sep 2018 03:37
Last Modified: 07 Sep 2018 03:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35995

Actions (login required)

View Item View Item