PERANCANGAN GAME EDUKATIF SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG PEMBELAJARAN DALAM MENGENALKAN ALAT MUSIK TRADISIONAL SUNDA BAGI ANAK USIA 9-12 TAHUN DI KOTA CIMAHI SULHAN IRDANI : 086010037

Sulhan Irdani dan Boy Irwan, S.Sn (2018) PERANCANGAN GAME EDUKATIF SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG PEMBELAJARAN DALAM MENGENALKAN ALAT MUSIK TRADISIONAL SUNDA BAGI ANAK USIA 9-12 TAHUN DI KOTA CIMAHI SULHAN IRDANI : 086010037. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Perancangan game ini berdasarkan atas kondisi alat musik tradisional sunda yang semakin lama semakin terlupakan, terutama dikalangan anak-anak dan remaja sunda. Berkaitan dengan hal tersebut, bentuk pelestarian terhadap nilai-nilai seni dan kebudayaan sunda pada umumnya sangat diperlukan dan dapat kita lakukan mulai sejak dini, setidaknya dimulai dari Sekolah Dasar. Kendala terbesar dalam pelaksanaan hal tersebut adalah kurangnya kemampuan dan pemahaman sebagian besar guru untuk dapat mengenalkan alat musik tradisional sunda yang lain, serta kurangnya media yang memadai untuk dapat dijadikan sebagai pendukung pembelajaran. Melihat perilaku anak pada usia Sekolah Dasar, terutama yang berada pada kelas tinggi ( 4-6 )dengan rentang 9-12 tahun, perilaku mereka cenderung berada pada masa-masa bermain dan lebih menyenangi permainan dibanding hal lain seperti halnya belajar. Sehingga media yang dapat digunakan sebagai pendukung pembelajaran dalam mengenalkan alat musik tradisional sunda harus dapat menjembatani keinginan bermain mereka. Salah satu media yang dapat digunakan adalah game edukatif yang didalamnya memuat pengenalan tentang alat musik tradisional sunda bagi anak usia Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2013
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 07 Sep 2018 02:45
Last Modified: 07 Sep 2018 02:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35989

Actions (login required)

View Item View Item