PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Indahnya Kebersamaan IV SDN 093 Tunas Harapan Cijerah Kota Bandung)

DWI FASYA MAUDY, 145060072 (2018) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Indahnya Kebersamaan IV SDN 093 Tunas Harapan Cijerah Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b.indonesia.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (896kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (484kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini mengangkat judul Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Sub Tema Kebersamaan Dalam Keberagaman Siswa Kelas IV SD Negeri 093 Tunas Harapan. Di lapangan menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada sub tema Kebersamaan Dalam Keberagaman rendah. Hal ini diduga, guru dalam melaksanakan pembelajaran, hanya menggunakan metode yang relatif mudah dilaksanakan misalnya metode ceramah, sehingga proses pembelajaran berlangsung monoton dan siswa kurang aktif. Melalui model Problem Based Learning diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 093 Tunas Harapan Cijerah Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang. Berangkat dari permasalahan tersebut di atas fokus penelitian yaitu meningkatkan peran guru dalam menggunakan model Problem Based Learning dalam pembelajaran agar proses KBM lebih aktif, kreatif, dan mandiri sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian yang dilakukan adalah PTK (Actions Research Class Room) dengan tujuan memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara berkesinambungan sehingga meningkatkan hasil belajar siswa, mengembangkan pola pikir siswa ke arah pemikiran kritis dan dunia nyata serta menumbuhkan giat belajar dan bersungguh-sungguh dalam mempelajari serta mengembangkan aktivitas dan kreativitas berfikir. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning pada sub tema Kebersamaan Dalam Keberagaman di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 093 Tunas Harapan Cijerah Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara optimal. Hal ini terbukti dari perolehan nilai setiap siklus mengalami peningkatan, Hasil Belajar pada siklus I yaitu 47%, pada siklus II yaitu 63% kemudian pada siklus III menjadi 93%. Adanya peningkatan hasil belajar siswa tersebut menggambarkan keberhasilan suatu penelitian, Namun guru dituntut untuk lebih professional dalam menggunakan dan memilih model, metode dan bahan ajar, dan harus mampu menciptakan suasana belajar yang disenangi siswa. Kata kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 06 Sep 2018 08:02
Last Modified: 06 Sep 2018 08:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35984

Actions (login required)

View Item View Item