PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV SDN Pasirlemu Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat)

N. Silvy Nurianti, 145060140 (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV SDN Pasirlemu Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
01 cover fix.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak sunda.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (846kB) | Preview
[img] Text
BAB IV fiks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA fiks.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model Discovery Learning pada Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN Pasirlemu Kecamatan Gununghalu. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas IV SDN Pasirlemu yang sikap kerjasamanya kurang sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dipengaruhi oleh kegiatan pembelajaran yang hanya berpusat pada guru tanpa melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran. upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan diterapkannya model Discovery Learning sebagai alternatif dalam pemecahan masalah. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam III siklus. Dalam setiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning yang terdiri dari 6 tahap yaitu 1. Pemberian rangsangan, 2. Identifikasi masalah, 3. Pengumpulan data, 4. Pengolahan data, 5. Pembuktian, 6. Penarikan kesimpulan. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan teknik non tes yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa dengan menerapkan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Hal tersebut terlihat dari adanya peningkatan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu pada siklus I dengan persentase 78%, siklus II 87%, dan siklus III 97%. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus I mencapai nilai rata-rata 3,3 dengan persentase 82%, siklus II 3,65 dengan persentase 91%, dan siklus III 3,9 dengan persentase 97%. Sikap Kerjasama yaitu pada siklus I mencapai persentase 35%, pada siklus II 65%, dan siklus III 82%. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai persentase 47%, siklus II 70%, dan siklus III 82%. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Discovery Learning, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 06 Sep 2018 07:18
Last Modified: 06 Sep 2018 07:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35981

Actions (login required)

View Item View Item