PEMANFAATAN PEMBELAJARAN PETA KONSEP BERORIENTASI WEB UNTUK MENINGKATKAN LITERASI INFORMASI DAN HASIL BELAJAR PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI

RINI FEBRIANI, 145040015 (2018) PEMANFAATAN PEMBELAJARAN PETA KONSEP BERORIENTASI WEB UNTUK MENINGKATKAN LITERASI INFORMASI DAN HASIL BELAJAR PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAC INGGRIS.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAC SUNDA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 ACC.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II ACC.pdf

Download (886kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III ACC.pdf

Download (909kB) | Preview
[img] Text
BAB IV ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (948kB)
[img] Text
BAB V ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan peta konsep berorientasi web dapat meningkatkan literasi informasi dan hasil belajar siswa pada konsep keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimen Design dengan menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dari penelitian ini ditentukan dengan teknik purpossive sampling yaitu siswa kelas X MIPA 1 di SMA PGRI 1 Bandung pada semester ganjil tahun ajaran 2018-2019. Hasil penelitian pada aspek kognitif didapatkan skor rata-rata Pretest sebesar 62,71 dan skor rata-rata Posttest sebesar 83 serta dari hasil uji N-Gain didapatkan skor sebesar 1,00 dengan kategori tinggi. Kemudian, hasil penelitian pada aspek afektif mendapatkan skor rata-rata 79,18 dengan kategori sangat baik dan aspek psikomotor mendapatkan skor rata-rata sebesar 71,2 dengan kategori sangat baik. Sedangkan, hasil angket dari keseluruhan siswa didapatkan respon positif sebesar 71,% dengan kriteria baik. Sedangkan hasil angket kemampuan literasi informasi mendapatkan skor dengan rata-rata 88.88 dengan kriteria sangat baik. Dari data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran peta konsep berorientasi web dapat meningkatkan literasi informasi dan hasil belajar siswa pada konsep keanekaragaman hayati. Kata Kunci: Peta Konsep, Web, Hasil Belajar Siswa, Literasi Informasi, Keanekaragaman Hayati.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 06 Sep 2018 07:03
Last Modified: 06 Sep 2018 07:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35977

Actions (login required)

View Item View Item