PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA

Tri Mulya Ningsih, 145060111 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
01 Cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (750kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan di kelas IV SDN 033 Asmi Bandung, guru belum terlalu menggunakan model-model pembelajaran sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam melakukan proses belajar, selain itu juga guru masih mendominasi kegiatan belajar mengajar, aktivitas siswa yang cenderung pasif, dan hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkakan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model problem based learning pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia di kelas IV SDN 033 Asmi Bandung. Oleh karena itu peneliti berusaha untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan sistem siklus perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan teknik non tes untuk mengetahui aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal tersebut terbukti dengan melihat hasil penilaian aktivitas belajar siswa yang mendapat nilai 2,60 pada siklus I, 3,31 pada siklus II, dan 3,89 pada siklus III. Hal ini sudah dianggap berhasil karena telah terjadi peningkatan dan sudah melebihi target yang ditentukan. Begitu juga dengan hasil belajar siswa pada data awal hanya 27% atau hanya 9 orang yang dinyatakan tuntas, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 50% atau 15 orang, siklus II menjadi 63% atau 19 orang, dan siklus III menjadi 97% atau sebanyak 29 orang dari jumlah 30 orang siswa. Dengan demikian, penggunaan model Problem Based Learning terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Problem Based Learning, Aktivitas belajar siswa, dan Hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 06 Sep 2018 06:39
Last Modified: 06 Sep 2018 06:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35974

Actions (login required)

View Item View Item