Riska Ramadayanti, 145060001 (2018) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN (Penelitian Tindakan Kelas pada SubTema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV4 SD Negeri 033 ASMI Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER RISKA PDF.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (640kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (199kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini di laksanakan di SDNegeri 033 Asmi Bandung pada siswa kelas IV A4 dengan jumlah 30 orang, tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Make A Match yang dilatar belakangi oleh kondisi siswa pada saat proses pembelajaran yang menunjukan hasil belajar yang rendah atau belum mencapai KKM, siswa belum menunjukan sikap peduli dan sikap santun selama proses pembelajaran, pemahaman siswa yang kurang terhadap materi pembelajaran, serta keterampilan yang rendah. Permasalahan tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang monoton karena guru menggunaan metode/model pembelajaran yang kurang bervariasi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan instrumen berupa lembar observasi aktivitas guru, lembar kerja kelompok (LKK), dan lembar tes berupa pretest dan postest. Penelitian dilaksanakan sebanyak 3 siklus, dengan setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dan tahapan pada masing-masing siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada siklus I didapatkan hasil belajar aspek pengetahuan (kognitif) yang mencapai KKM sebanyak 12 orang atau 40%, pada siklus II meningkat sebanyak 21 orang atau 70%, kemudian pada siklus III mengalami peningkatan sebanyak 27 orang atau 90%. Hasil belajar pada aspek sikap (afektif) pada siklus I yang mencapai kriteria dalam proses pembelajaran sebanyak 11 orang atau 36,7% , pada siklus II meningkat sebanyak 23 orang atau 76,6%, dan pada siklus III mengalami peningkatan sebanyak 28 orang atau 93,3%. Hasil belajar aspek keterampilan (psikomotor) pada siklus I yang mencapai kriteria tuntas sebanyak 12 orang atau 40%, pada siklus II meningkat menjadi 19 orang atau 64%, dan pada siklus III mengalami peningkatan sebanyak 27 orang atau 90%. Penerapan model Cooperative Learning Tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa, ini terlihat dari peningkatan yang sangat baik pada setiap siklus. Kata kunci: Cooperative Learning Tipe Make A Match, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 06 Sep 2018 06:35 |
Last Modified: | 10 Oct 2018 03:55 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35971 |
Actions (login required)
View Item |