PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA ANGGOTA POLRI YANG MELAKUKAN KELALAIAN PENYIMPANAN SENJATA API YANG MENGAKIBATKAN DISALAHGUNAKAN OLEH ORANG LAIN DIHUBUNGKAN DENGAN KUHP JO UNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 2002 TENTANG KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA

: Dea Dewanti Mongan, 131000019 (2018) PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA ANGGOTA POLRI YANG MELAKUKAN KELALAIAN PENYIMPANAN SENJATA API YANG MENGAKIBATKAN DISALAHGUNAKAN OLEH ORANG LAIN DIHUBUNGKAN DENGAN KUHP JO UNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 2002 TENTANG KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Hukum Unpas.

[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img]
Preview
Text
Cover KOMPRE Dea.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI terbaru.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (21kB) | Preview
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

Polri dalam mengemban tugasnya sebagai aparat penegak hukum mempunyai berbagai cara dan daya upaya untuk menjaga ketertiban dan keamanan dimasyarakat demi terciptanya suatu tujuan hukum. Tetapi pada kenyataannya beberapa tahun terakhir ini terkesan dan begitu banyak anggota polri yang melakukan kelalaian terkait senjata api hal ini telah dibuktikan dengan beberapa kasus yang ada di media cetak maupun media elektronik, hal tersebut akan menjadi sorotan dimasyarakat luas dan bentuk pertanggungjawaban polri pun di pertanyakan karena senjata yang digunakan untuk melindungi diri dan masyarakat tetapi digunakan untuk menciderai masyarakat bahkan sampai merenggut nyawa, akan makin membuat citra buruk kepolisian di mata masyarakat. Adapun permasalahan yang penulis kaji dalam penelitian ini, adalah : 1) Apakah anggota polri yang melakukan kelalaian dapat di pertanggungjawabkan ditinjau dari UU No.2 Tahun 2002 Jo PERKAP No.8 Tahun 2009 dihubungkan dengan perkara No. 120/Pid.B/2014/PN.JMB? 2) Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kelalaian yang di lakukan oleh anggota polri? 3) Bagaimana upaya penanggulangan kapolri dalam pencegahan penyalahgunaan senjata api? Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penafsiran hukum dan perbandingan hukum yang didukung oleh pendekatan Yuridis Normatif dengan spesifikasi penelitian deskriptif-analisis, dilanjutkan dengan metode pengumpulan data dengan cara studi kepustakaan dan studi lapangan, selanjutnya dianalisis dengan metode yuridis-kualitatif. Berdasarkan Hasil penelitian di peroleh hasil bahwa Pertangungjawaban anggota polri yang melakukan kelalaian terkait senjata api menimbulkan akibat dari perbuatan tersebut seperti yang terdapat pada pertimbangan hakim di Pengadilan Negeri Sukoharjo pada nomor perkara 184/Pid.B./2006/PN.SKH bahwa polisi tersebut mengurangi citra Polisi Indonesia yang sedang dibangun dan selalu dibangun oleh kepolisian,menimbulkan korban jiwa serta meresahkan masyarakat. Faktor yang menyebabkan anggota polri yang melakukan kelalaian terkait senjata api adalah faktor lingkungan yang berdampak pada keadaaan psikis dan emosional pada diri polisi itu sendiri, faktor kurangnya pengetahuan dan kurang professionalitas polisi dalam mengemban tugasnya, faktor kurang displin serta faktor kurangnya pelatihan yang memadai yang mengakibatkan terjadinya kelalaian tersebut. Upaya yang di lakukan adalah dengan upaya preventif yaitu upaya pencegahan dengan cara memperketat psikotes dan tes mental hak memegang senjata api, dan upaya represif dengan cara penegakan hukum dengan menjatuhkan hukuman. Upaya lain yang di lakukan adalah dengan melakukan pengecekan terhadap kebersihan senjata, kelengkapan peluru dan surat-surat izin kepemilikan senjata api, dilakukan edukasi terhadap penggunaan senjata api dan prosedur penggunaan senjata api yang benar. Serta di lakukannya identifikasi dan penyidikan terhapat anggota polri yang melakukan kelalaian tersebut. Kata Kunci : POLRI, Senjata Api, Kelalaian.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 06 Sep 2018 06:31
Last Modified: 06 Sep 2018 06:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35970

Actions (login required)

View Item View Item