PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

YUNITA SELVIANA, 145060037 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak bahasa indonesia.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak bahasa inggris.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak bahasa sunda.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB III.pdf

Download (636kB) | Preview
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pada umumnya, pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan, sehingga menyebabkan siswa jenuh dan tidak aktif saat proses pembelajaran. Oleh sebab itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas di SDN 033 Asmi Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Keberagaman budaya bangsaku dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), PTK ini berlangsung selama 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Model Discovery Learning dapat meningkatkan sikap kerjasama, keterampilan, pemahaman dan hasil belajar.Hal tersebut dapat terlihat dari: pertama adanya peningkatan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu pada siklus I mencapai 68% siklus II 79% dan siklus III 91 %. Kedua, peningkatan pelaksanaan pembelajaran yaitu pada siklus I mencapai 70% siklus II 78% dan siklus III 88%. Ketiga, peningkatan sikap kerjasama yaitu pada siklus I mencapai 47% siklus II 65% dan siklus III 82%. Keempat, peningkatan kognitif atau pemahaman siswa yaitu pada siklus I mencapai 47% siklus II 74% dan siklus III 88%. Kelima, peningkatan keterampilan yaitu pada siklus I mencapai 47% siklus II 68% dan siklus III 82%. Keenam, peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 06 Sep 2018 06:31
Last Modified: 06 Sep 2018 06:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35969

Actions (login required)

View Item View Item