PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian Tindakan Kelas Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV SDN 033 ASMI Bandung)

YESRI WIDARSI, 145060032 (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian Tindakan Kelas Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV SDN 033 ASMI Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
01. Cover Yesri Widarsi.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. Abstrak Indonesia.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. Abstrak Inggris.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. Abstrak Sunda.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. BAB 1.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. BAB II.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. BAB III.pdf

Download (561kB) | Preview
[img] Text
08. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
09. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (100kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil pengamatan di kelas IV SDN 033 Asmi Bandung , guru belum terlalu menggunakan model-model sehingga siswa kurang aktif dan kurang berani tampil di depan kelas, belum berani mengungkapkan pendapat dan belum berani mencoba dalam kegiatan pembelajaran, selain itu juga masih mendominasi kegiatan pembelajaran sehingga hasil belajar belum sesuai dengan apa yang di harapkan. Jadi penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar peserta didik, melalui model problem based learning dalam tema indahnya kebersamaan subtema keberagaman budaya bangsaku di kelas IV SDN 033 Asmi Bandung. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan teknik non tes untuk mengetahui peningkatan rasa percaya diri peserta didik serta keterampilan-keterampilan yang dimiliki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penilaian rasa percaya diri belajar peserta didik dari siklus I sampai siklus III, yaitu pada siklus I muncul sikap percaya diri 32,14% dengan kategori cukup, siklus II 82,14% dengan kategori baik dan siklus III 96,42% dengan kategori sangat baik. Begitu juga dengan hasil belajar peserta didik pada data awal hanya 40% atau 11 orang yang dinyatakan tuntas, kemudian pada siklus 1 meningkat menjadi 53,57% atau 15 orang, siklus II menjadi 71,42% atau 20 orang, dan siklus III menjadi 92,85% atau sebanyak 26 orang peserta didik dari 28 peserta didik. Dengan demikian, penggunaan model problem based learning terbukti dapat meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Problem Based Learning, Rasa Percaya Diri, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 06 Sep 2018 06:12
Last Modified: 06 Sep 2018 06:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35964

Actions (login required)

View Item View Item