TANGGUNG JAWAB NEGARA TERHADAP PEKERJA ANAK PADA PENGUSAHA HOME INDUSTRI PAKAIAN DALAM DI KAMPUNG CILEMBER KOTA CIMAHI DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN

Gisheilla Evangeulista, 141000351 (2017) TANGGUNG JAWAB NEGARA TERHADAP PEKERJA ANAK PADA PENGUSAHA HOME INDUSTRI PAKAIAN DALAM DI KAMPUNG CILEMBER KOTA CIMAHI DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Hukum Unpas.

[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

Tanggung jawab negara terhadap pekerja anak pada pengusaha home industri di kampung Cilember Cimahi memuat masalah mengenai pengusaha yang tidak memenuhi ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan di dalam Undang Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Banyaknya pelanggaran yang dilakukan pengusaha menunjukkan betapa lemahnya pengawasan dari pemerintah setempat. Penelitian ini mempertanyakan bagaimana tanggung jawab negara terhadap pekerja anak pada pengusaha home industri yang berada di kampung Cilember Cimahi, bagaimana akibat hukum pihak-pihak yang terkait dalam mempekerjakan pekerja anak, dan upaya untuk menanggulangi masalah pekerja anak dihubungkan dengan Undang Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini spesifikasi deskriptif analitis. Metode pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif yaitu pendekatan atau penelitian hukum dengan meneliti asas, norma serta kaidah. Tahap penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu studi dokumen dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode yuridis kualitatif. Adapun hasil penelitian tersebut terjawab bahwa ketiadaan pengawasan terhadap pekerja anak yang ada di Cilember terjadi karena para pengusaha tidak memenuhi syarat-syarat yang ada di Pasal 69 ayat (2) Undang-Undang Ketenagakerjaan, dan kurangnya pengawasan dan sosialisasi dari pemerintah setempat. Siapapun yang melanggar ketentuan yang ada didalam Undang Undang Ketenagakerjaan dapat dikenakan sanksi pidana dan sanksi administratif. Adapun upaya-upaya yang dapat dilakukan adalah upaya penghapusan, perlindungan dan pemberdayaan. Saran penulis mengenai masalah pekerja anak ini yaitu harus diadakannya duduk bersama yang dilakukan antara pengusaha dengan pemerintah setempat Kata Kunci: Tanggung jawab negara, pekerja anak, home industri.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 05 Sep 2018 04:34
Last Modified: 05 Sep 2018 04:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35922

Actions (login required)

View Item View Item