PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA 1 KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 032 Tilil Bandung Tahun Ajaran 2018/2019)

Veronika, 145060231 (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA 1 KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 032 Tilil Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
01 Cover Skripsi.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09 Abstrak Bahasa Sunda.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (583kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada subtema keberagaman budaya bangsaku dengan menggunakan model Discovery Learning. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV C SDN 032 Tilil Kota Bandung dengan dilatarbelakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan keaktifan pada proses pembelajaran dan hasil belajar siswa yang masih banyak di bawah KKM yang disebabkan pembelajaran hanya berpusat pada guru, penggunaan metode ceramah dan penugasan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan tahapan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya. Penelitian ini menerapkan model Discovery Learning yang memiliki 6 fase yaitu stimulus/ pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian dan menarik kesimpulan. Instrumen penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar evaluasi hasil belajar berupa tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk mengetahui keaktifan siswa serta kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan. Hasil perencanaan pelaksanaan pembelajaran yaitu siklus I 3.3 dengan kategori B, siklus II 3.5 dengan kategori A, siklus III 3.65 dengan kategori A. Hasil penilaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I 3.3 dengan kategori B. siklus II 3.59 dengan kategori A. Siklus III 3.78 dengan kategori A. Hasil belajar siklus I memperoleh nilai rata-rata yaitu 65, pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar yaitu 73, dan siklus III nilai rata-rata hasil belajar yaitu 76. Nilai keaktifan siswa pada siklus I memperoleh presentase yaitu 58%, pada siklus II presentase nilai keaktifan siswa yaitu 70% dan pada siklus III presentase nilai keaktifan siswa yaitu 87%. Dengan demikian penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 032 Tilil pada subtema keberagaman budaya bangsaku. Kata kunci: Discovery Learning, Keaktifan, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2018 04:11
Last Modified: 05 Sep 2018 04:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35919

Actions (login required)

View Item View Item