PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME BERORIENTASI WEB UNTUK MENINGKATKAN LITERASI INFORMASI DAN HASIL BELAJAR PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI

IRNAWATI, 145040060 (2018) PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME BERORIENTASI WEB UNTUK MENINGKATKAN LITERASI INFORMASI DAN HASIL BELAJAR PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK INDO.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRACT inggris.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme berorientasi web dapat meningkatkan literasi informasi dan hasil belajar siswa pada konsep keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimen Design dengan menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dari penelitian ini ditentukan dengan teknik purpossive sampling yaitu siswa kelas X MIPA 1 di SMA Pasundan 8 Bandung pada semester ganjil tahun ajaran 2018-2019. Hasil penelitian pada aspek kognitif didapatkan skor rata-rata Pretest sebesar 53,18 dan skor rata-rata Posttest sebesar 81,67 serta dari hasil uji N-Gain didapatkan skor sebesar 0,73 dengan kategori tinggi. Kemudian, hasil penelitian pada aspek afektif mendapatkan skor rata-rata 89,77 dengan kategori sangat baik dan aspek psikomotor mendapatkan skor rata-rata sebesar 87,5 dengan kategori sangat baik. Sedangkan, hasil angket dari keseluruhan siswa didapatkan respon positif sebesar 75,71% dengan kriteria baik. Dari data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran konstruktivisme berorientasi web dapat meningkatkan literasi informasi dan hasil belajar siswa pada konsep keanekaragaman hayati. Kata Kunci: Konstruktivisme, Web, Hasil Belajar Siswa, Literasi Informasi, Keanekaragaman Hayati.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Sep 2018 06:25
Last Modified: 03 Sep 2018 06:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35891

Actions (login required)

View Item View Item