CINDY APIYANI, 145040033 (2018) PEMANFAATAN ISU SOSIO-SAINTIFIK BERORIENTASI WEB UNTUK MENINGKATKAN LITERASI INFORMASI DAN HASIL BELAJAR PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRACT INGGRIS.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (479kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (480kB) | Preview |
|
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (784kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan isu sosio-saintifik berorientasi web untuk meningkatkan literasi informasi dan hasil belajar pada konsep keaekaragaman hayati. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor, dan dapat meningkatkan kemampuan literasi informasi. Sedangkan bagi pendidik dan sekolah dapat dijadikan bahan untuk mengoptimalkan penerapan pembelajaran yang inovatif, aktif dan komunikatif serta dapat menciptakan lulusan yang kompeten dan mampu bersaing dengan lulusan dari sekolah lain. Abad 21 menuntut siswa agar menguasai keterampilan-keterampilan yang membuat siswa lebih responsif terhadap perubahan dan perkembangan zaman pada dunia pendidikan, sehingga penelitian ini menggunakan pembelajaran pemanfaatan isu sosio-saintifik berorientasi web. Subjek penelitian yaitu kelas X MIPA1 di SMA Pasundan 7 Bandung dengan jumlah 31 orang. Metode yang digunakan adalah pra-eksperimen. Data hasil penelitian kemudian di analisis menggunakan uji normalitas gain, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ranah pada kognitif mendapat nilai N-Gain 0,62 dengan kriteria sedang, penilaian pada ranah afektif mendapat nilai 70,87 dengan kriteria cukup dan penilaian padaranah psikomotor menunjukkan nilai 77,8 dengan mencapai kriteria baik. Respon siswa terhadap pembelajaran menunjukan rata-rata nilai 81,5 dengan kriteria sangat baik. Hasil kemampuan literasi informasi menunjukan rata-rata nilai 83,2 dalam kategori sangat baik dengan menggunakan skala likert. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pemanfaatan isu sosio-saintifik berorientasi web dapat meningkatkan literasi informasi dan hasil belajar pada konsep keaekaragaman hayati Kata kunci :Isu Sosio-saintifik,Web, Literasi Informasi, Keanekaragaman Hayati.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 03 Sep 2018 06:19 |
Last Modified: | 03 Sep 2018 06:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35890 |
Actions (login required)
View Item |