ANALISIS FRAMING TERHADAP RUBRIK SINGGALANG MASUK SEKOLAH (SMS) Analisis Framing Terhadap Rubrik Singgalang Masuk Sekolah Terbitan Sabtu, 24 Maret 2018

Nining Septia, 142050143 (2018) ANALISIS FRAMING TERHADAP RUBRIK SINGGALANG MASUK SEKOLAH (SMS) Analisis Framing Terhadap Rubrik Singgalang Masuk Sekolah Terbitan Sabtu, 24 Maret 2018. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
3 ABSTRAK.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 ABSTRACT.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11 BAB I.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 RINGKESAN.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 BAB II.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Untitled-6.jpg

Download (363kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Framing Terhadap Rubrik Singgalang Masuk Sekolah” dengan studi analisis terhadap rubrik singgalang masuk sekolah terbitan 24 maret 2018. Pada dasarnya bingkai media atau lebih dikenal dengan framing, merupakan metode untuk melihat bagaimana pesan atau peristiwa dan menyajikannya kepada khalayak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana framing rubrik Singgalang Masuk Sekolah dibuat oleh Harian Umum Singgalang serta bagaimana konstruksi realitas sosialnya. Selain ini penelitian ini juga ditunjukan untuk memberikan konstribusi dalam perkembangan kajian dalam bidang Ilmu Komunikasi, khususnya yang berkaitan dengan studi media. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis teks (kualitatif), dengan menggunakan model framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicky. Teknik pengumpulan datanya adalah studi dokumentasi, studi kepustakaan, dan observasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis kategorisasi, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Bedasarkan hasil analisis dan pembahasan makan diperoleh hasil bahwa framing rubrik Singgalang Masuk Sekolah tentang bagaimana rubrik Singgalang Masuk Sekolah dapat mengemas artikel-artikel yang ada saling berkaitan tanpa meninggalkan tema-tema yang sudah ditentukan. Rubrik Singgalang Masuk Sekolah pun dapat membuat pelajar yang membaca rubrik tersebut memiliki ketertarikan untuk ikut terjun langsung dalam dunia jurnalistik dan mengisi berbagai artikel dan tulisan fiktif yang ada pada rubrik tersebut. Dalam mengontruksi berita sebaiknya media menyajikan peristiwa dengan secara benar dan utuh tanpa ada maksud tertentu di dalamnya apalagi memaksudkan pesan dan pecintraan politik bagi seseorang atau kelompok tertentu.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 03 Sep 2018 03:29
Last Modified: 03 Sep 2018 03:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35881

Actions (login required)

View Item View Item