KERJASAMA INDONESIA-MESIR DALAM BIDANG PENDIDIKAN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN KUALITAS SDM DI INDONESIA DALAM BIDANG PENDIDIKAN BAHASA ARAB

Mualim, 052030117 (2018) KERJASAMA INDONESIA-MESIR DALAM BIDANG PENDIDIKAN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN KUALITAS SDM DI INDONESIA DALAM BIDANG PENDIDIKAN BAHASA ARAB. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (4kB) | Preview

Abstract

Nama Mesir sudah cukup di kenal di Indonesia dan demikian pula sebaliknya. Hubungan kemasyarakatan dan kenegaraan keduanya di berbagai bidang juga telah dan sedang berlangsung cukup dinamis. Hubungan budaya adalah yang terlama dan paling menonjol, khususnya pendidikan. Pada pertengahan abad ke-19, sudah ada komunitas Indonesia yang disebut Ruwaq Jawi di lingkungan Perguruan Al-Azhar. Sudah tidak terhitung lulusannya dan tak sedikit yang menjadi pejuang, intelektual, pendakwah, dan pendidik di nusantara. Al-Azhar akan tetap menjadi magnet bagi lulusan pesantren dan madrasah. Jika umumnya hubungan bilateral cenderung disederhanakan atas dasar saling menghormati dan menguntungkan, tetapi itu tak cukup untuk Indonesia-Mesir ada pertalian emosionalkental diantara keduanya. Bahasa Arab kini sudah diakui sebagai bahasa inter-nasional dan digunakan juga sebagai salah satu bahasa diplomasi resmi di forum Perserikatan Bangsa-bangsa. Tidak hanya proses masuknya investasi asing ke Timur Tengah yang memerlukan bahasa Arab. Berbagai negara, dalam hal ini termasuk Indonesia, yang menyadari pentingnya kawasan Timur Tengah sebagai mitra, menyadari bahwa banyak pula harapan akan masuknya investasi negara-negara Arab ke Negara mereka. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kerjasama Indonesia-Mesir dalam bidang pendidikan, untuk mengetahui bagaimana kondisi SDM pendidikan bahasa arab di Indonesia serta untuk mengetahui bagaimana kontribusi kerjasama Indonesia-Mesir dalam bidang pendidikan meningkatkan SDM dalam bidang pendidikan bahasa arab di Indonesia Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah deskripsi yang bertujuan untuk menggambarkan suatu fenomena, dalamhal ini hubungan kerjasama Indonesia-Mesir di bidang pendidikan mempunyai pengaruh terhadap pengembangan kualitas SDM pendidikan bahasa arab di Indonesia yang diteliti berdasarkan teknik pengumpulan data yaitu studi kepustakaan, yaitu teknik pengumpulan data dengan mencari data-data dari kepustakaan buku, informasi-informasi berdasarkan penelaahan literatur atau referensi baik yang bersumber artikel-artikel, majalahmajalah, surat kabar, jurnal, buletin-buletin, internet, maupun catatan-catatan penting mengenai hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan yang sedang diteliti oleh penulis. Selain menggunakan metode deskriptif analitis penulis pun menggunakan historis analitis yang mencari penjelasan serta meneliti gejala yang terjadi sebelumnya sehingga mendapatkan sesuatu kesepakatan antara kejadian masa lalu, sekarang dan masa yang akan datang. Hasil dari penelitian ini adalah: Kerjasama antara Indonesia dengan Mesir dalam bidang Pendidikan mempengaruhi pengembangan kualitas SDM Indonesia dalam bidang pendidikan bahasa arab. Kata Kunci: Hubungan Kerjasama Indonesia-Mesir di bidang pendidikan, Perkembangan SDM bahasa arab di Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2018
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 31 Aug 2018 06:39
Last Modified: 31 Aug 2018 06:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35862

Actions (login required)

View Item View Item