POLA KOMUNIKASI ORGANISASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DI PT PERKEBUNAN NUSANTARA VIII (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Karyawan dan Pimpinan Kantor Direksi PT Perkebunan Nusantara VIII)

Ananda Putri Utami, NPM : 168080017 (2018) POLA KOMUNIKASI ORGANISASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DI PT PERKEBUNAN NUSANTARA VIII (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Karyawan dan Pimpinan Kantor Direksi PT Perkebunan Nusantara VIII). Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Ananda Putri Utami.doc

Download (303kB)

Abstract

Komunikasi organisasi adalah pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi (Wiryanto, 2005:2). Komunikasi organisasi tersebut dapat menjadikan motivasi bagi anggota organisasi tersebut. PT Perkebunan Nusantara VIII sebagai sebuah organisasi perusahaan dibidang perkebunan, memiliki budaya kerja cenderung kaku didalam komunikasi. Melihat pengaruh proses komunikasi antara pimpinan dengan karyawan tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul ‘Pola Komunikasi Organisasi Untuk Meningkatkan Motivasi di PT. Perkebunan Nusantara VIII”. Secara umum penelitian ini meneliti bagaimana pola komunikasi organisasi yang ada di Kantor Direksi PT Perkebunan Nusantara VIII. Peneliti mengaitkan proses komunikasi pada Pola Komunikasi Organisasi yaitu dalam aktifitas reguler komunikasi formal dan komunikasi informal antara pimpinan dan karyawan serta menjabarkan bagaimana komunikasi tersebut menjadi motivasi karyawan di Kantor Direksi PT Perkebunan Nusantara VIII. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini adalah penelitian yang menghasilkan penemuan yang tidak dapat dicapai melalui prosedur statistik atau cara kuantifikasi lainnya. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara mendalam dengan karyawan hingga level pimpinan, yang didukung dengan observasi partisipatif dan studi kepustakaan. Subjek penelitian ini dilakukan di Kantor Direksi PT Perkebunan Nusantara VIII, Jalan Sindangsirna no 4 Bandung. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa pola komunikasi antara pimpinan dengan karyawan di lingkungan Kantor Direksi PT Perkebunan Nusantara VIII cenderung bersifat formal dari atas mengalir ke tingkat struktural yang rendah. Pola komunikasi antara pimpinan dengan karyawan yang terjalin menunjukkan kurang menjadikan motivasi karyawan di Kantor Direksi PT Perkebunan Nusantara VIII. Saran yang ingin disampaikan peneliti untuk subjek penelitian adalah agar meningkatkan kuantitas dan kualitas dalam berkomunikasi di lingkungan kerja dengan tidak hanya mengkomunikasikan hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan saja, tetapi diimbangi dengan komunikasi informal di luar pekerjaan, misalnya terkait kehidupan karyawan sehari-hari, sehingga terjalin keakraban secara psikologis dan menciptakan motivasi untuk lebih semangat lagi bekerja. Kata Kunci : Pola Komunikasi, Organisasi, Motivasi

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 30 Aug 2018 08:22
Last Modified: 30 Aug 2018 08:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35842

Actions (login required)

View Item View Item