PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME BERORIENTASI WEB UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATION SISWA PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMAN 1 DAYEUHKOLOT

IIS SUMIATI, 145040053 (2018) PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME BERORIENTASI WEB UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATION SISWA PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMAN 1 DAYEUHKOLOT. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACK INGGRIS.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (467kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan pembelajaran konstruktivisme berorientasi web pada konsep keanekaragaman hayati dapat meningkatkan self regulation siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode pra eksperimen dengan desain One-Grup Pretest-Posttest Design yang diterapkan kepada siswa kelas X-MIA 6 yang berjumlah 38 orang melalui teknik simple purposive sampling. Data penelitian dijaring dengan menggunakan angket keterampilan pengendalian diri, lembar observasi kontribusi pendekatan pembelajaran konstruktivisme berorientasi web terhadap keterampilan pengendalian diri, dan tes penguasaan konsep keanekaragaman hayati. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan menggunakan analisis uji hipotesis dan perhitungan gain. Hasil penelitian menunjukkan terdapatnya perbedaan yang siginificant terhadap keterampilan pengendalian diri antara sebelum dan sesudah diterapkannya pendekatan pembelajaran konstruktivisme berorientasi web, dan berdasarkan hasil perhitungan gain telah diketahui bahwa sebagian besar siswa mengalami peningkatan dengan kategori gain sedang. Selain itu, pada penelitian ini dilakukan juga pengukuran penguasaan konsep keanekaragaman hayati yang menunjukkan adanya peningkatan secara significant pada posttest dengan perhitungan gain pada kategori sedang, dan jika dilihat berdasarkan konstribusi pendekatan pembelajatan konstrukvisme berorientasi web terhadap keterampilan pengendalian diri juga telah menunjukkan hasil interpretasi yang sangat baik. Kata Kunci: Pendekatan Konstruktivisme Beorientasi Web, Keterampilan Pengendalian Diri, Tes Penguasaan Konsep Keanekaragaman Hayati.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 29 Aug 2018 07:23
Last Modified: 29 Aug 2018 07:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35825

Actions (login required)

View Item View Item