PEMBELAJARAN MENELAAH TEKS PERSUASI BERDASARKAN STRUKTUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAIR CHECK PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 LIMBANGAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

WITRI WIDIASTUTI, 145030079 (2018) PEMBELAJARAN MENELAAH TEKS PERSUASI BERDASARKAN STRUKTUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAIR CHECK PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 LIMBANGAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian dengan judul “Pembelajaran Menelaah Teks Persuasi Berdasarkan Struktur dengan Menggunakan Metode Pair Check pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Limbangan sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Tahun Pelajaran 2017/2018” ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya metode Pair Check yang digunakan dalam pembelajaran menelaah teks persuasi. Rumusan masalah yang diajukan penulis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menelaah teks persuasi berdasarkan struktur pada kelas kontrol dan kelas eksperimen? (2) Adakah perbedaan kemampuan peserta didik dalam menelaah teks persuasi sebelum diterapkan perlakuan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen? (3) Adakah perbedaan kemampuan peserta didik dalam menelaah teks persuasi sesudah diterapkan perlakuan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen? (4) Bagaimanakah kemampuan berpikir kritis siswa setelah melakukan pembelajaran menelaah teks persuasi menggunakan metode pair check pada kelas kontrol dan kelas eksperimen?. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menelaah teks persuasi berdasarkan struktur dengan menggunakan metode pair check. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,6. (2) Adanya perbedaan kemampuan peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum diberikan perlakuan. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata pretes pada kelas eksperimen yaitu 33, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pretes yaitu 16,04. (3) Adanya perbedaan kemampuan peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan signifikansi dengan perbandingan thitung kelas eksperimen > thitung kelas kontrol yaitu 21,71 > 11,96. Selain itu, adanya nilai rata-rata postes yaitu 95,54 sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata postes yaitu 51,33. (4) Kemampuan berpikir kritis peserta didik meningkat setelah melakukan pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis sebesar 83,76. Kata kunci : Pembelajaran, menelaah, teks persuasi, struktur, metode pair check, kemampuan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 28 Aug 2018 07:58
Last Modified: 28 Aug 2018 07:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35806

Actions (login required)

View Item View Item