Renda Fauzi Muharrom, 145030022 (2018) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ALAM SEKITAR PADA SISWA KELAS X SMKN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDO.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (355kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (38kB) | Preview |
Abstract
Puisi adalah sebuah seni tertulis. Penulis merumuskan masalah mengenai penelitian yang diajukan, yaitu: 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media alam sekitar di kelas X SMKN 3 Bandung? 2) Mampukah peserta didik kelas X SMKN 3 Bandung menulis puisi dengan unsur pembangun? 3) Efektifkah media alam sekitar digunakan dalam pembelajaran menulis puisi di kelas X SMKN 3 Bandung? 4) Adakah perbedaan hasil belajar menulis puisi pada kelas kontrol yang menggunakan media visual, dengan hasil belajar menulis puisi pada kelas eksperimen yang menggunakan media alam sekitar? 5) Manakah yang lebih efektif hasil belajar menulis puisi pada kelas kontrol yang menggunakan media visual, dengan hasil belajar menulis puisi pada kelas eksperimen yang menggunakan media alam sekitar. Metode yang digunakan oleh penulis yaitu metode true experimental desingn dengan teknik penelitian studi pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya adalah 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis puisi pada kelas X SMKN 3 Bandung dengan nilai 3,67 yang berkategori baik sekali; 2) Peserta didik kelas X SMKN 3 Bandung mampu menulis puisi, dapat dibuktikan dari nilai rata-rata pretes, yaitu 67.41 sedangkan nilai rata-rata postes 83,10. Hasil ini membuktikan bahwa kemampuan menulis siswa mengalami peningkatan; 3) Media alam sekitar efektif digunakan, dapat dibuktikan berdasarkan hasil data indek gain, diperoleh hasil pada kelas eksperimen sebagian responden pada kategori sedang 48.29%, sementara pada kelas kontrol responden pada kategori rendah 72.43%. 4) Terdapat perbedaan hasil belajar data pretes kelas eksperimen mendapatkan nilai total 1955, dan skor rata-rata 67.41. Pretes pada kelas kontrol mendapatkan nilai total 2045, dan skor rata-rata 70.52. kemudian data postes pada kelas eksperimen, nilai total 2410, dan skor rata-rata 83.10 sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai total 2015, dan skor rata-rata 69,48. 5) Hasil uji dua rata-rata dengan Uji Mann-Withney didapatkan hasil signifikan sebesar 0.000 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan peserta didik yang menggunakan media alam sekitar lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan media visual. Kata Kunci: Pembelajaran, menulis, puisi, media alam sekitar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 28 Aug 2018 07:24 |
Last Modified: | 28 Aug 2018 07:24 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35795 |
Actions (login required)
View Item |