UPAYA-UPAYA GREENPEACE DALAM MENGHENTIKAN PERBURUAN IKAN PAUS OLEH JEPANG DI WILAYAH PERLINDUNGAN PERAIRAN UTARA ANTARTIKA

Erwin Dwi Persadi, 022030066 (2018) UPAYA-UPAYA GREENPEACE DALAM MENGHENTIKAN PERBURUAN IKAN PAUS OLEH JEPANG DI WILAYAH PERLINDUNGAN PERAIRAN UTARA ANTARTIKA. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. bab I.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAKerwin.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Keragaman spesies yang merupakan sumber daya alam yang seharusnya dikagumi oleh manusia sebagai makhluk berbudi, dan dipergunakan dengan baik dan bertanggungjawab sebagai makhluk berakal. Namun Segala kemajuan teknologi industri tersebut telah membawa tingkat lingkungan hidup bumi ke suatu titik dimana segala permasalahan lingkungan hidup mulai bermunculan. Isuisu lingkungan hidup yang mencuat ke permukaan global saat ini adalah isu-isu perubahan iklim, penipisan lapisan ozon, pembuangan limbah ke laut, penebangan hutan, dan kelangkaan flora dan fauna. Salah satu isu lingkungan hidup yang sekarang ini menjadi agenda di dalam konstelasi hubungan internasional adalah mengenai biodiversityyang mengalami degradasi dengan semakin langkanya satwa dan flora di muka bumi sekarang ini. Salah satu satwa yang saat ini berada diambang kepunahan adalah ikan paus akibat dari commercial whaling. Hal yang menarik untuk penulis teliti dari adanya isu tersebut adalah ; Apa yang menjadi latar belakang WhalingJepang, Bagaimana kehirauan Greenpeaceterhadap WhalingJepang, Bagaimana upaya-upaya yang dilakukan oleh Greenpeacedalam mengatasi perburuan ikan paus khususnyaperburuan yang dilakukan oleh Jepang di Southern Ocean Sanctuary Antartika dan Kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh Greenpeace dalam upayanya menghentikan whaling Japan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang adanya Whaling Jepang, untuk mempelajari dan mengetahui kehirauan Greenpeace terhadap adanya Whaling Jepang, untuk mempelajari, mengamati, dan mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh Greenpeace dalam mengatasi perburuan ikan paus khususnya perburuan di Southern Ocean Sanctuary Antartika yang dilakukan oleh Jepang dan untuk mengetahui dan memahami kendalakendala apa saja yang dihadapi oleh Greenpeace dalam upayanya menghentikan whaling Jepang. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif analitis yang bertujuan untuk menggambarkan fenomena yang terjadi. Sebagaimana yang diutarakan oleh EarlBabbie, peneliti menganalisa fenomena yang terjadi untuk kemudian menggambarkannya. Hasil dari penelitian ini adalah Upaya-upaya yang dilakukan Greenpeace untuk menghentikan perburuan ikan paus oleh Jepang di SOS, Antartika dengan : Pengiriman Kapal, HelikopterDan Para Aktivis Ke Southern Ocean Sanctuary Serta Aksi-Aksi Individu Di SOS, Antartika, Aksi, Kemampuan, dan Semangat Individu Para Aktivis Greenprace, Penggunaan Jaringan Komunikasi dan Informasi serta Media Massa Untuk Mensukseskan kampanye Anti-Whaling, Penggalangan Opini Masyarakat Mengenai Kampanye Anti-Whaling, Melakukan Lobi-Lobi di Tingkat Internasional dan Upaya Kreatif Lainnya. Dengan segala cara yang dianggap mungkin, namun secara damai dan tidak dengan cara kekerasan. Dan akhirnya misi mereka dalam menghentikan perburuan ikan paus ilegal oleh Jepang di Southern Ocean, Antartika, semakin aktif dilakukan dan semakin mendapat perhatian masyarakat internasional.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2018
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 28 Aug 2018 06:46
Last Modified: 28 Aug 2018 06:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35787

Actions (login required)

View Item View Item