KAJIAN PERBANDINGAN BUAH SIRSAK (ANNONA MURICATA LINN) DENGAN SERBUK DAUN SIRSAK DAN KONSENTRASI GLISEROL TERHADAP KARAKTERISTIK MIX FRUIT LEATHER

Wilma Agustiani, Alumni and Ina Siti Nurminabari, Ds and Sumartini, DS (2017) KAJIAN PERBANDINGAN BUAH SIRSAK (ANNONA MURICATA LINN) DENGAN SERBUK DAUN SIRSAK DAN KONSENTRASI GLISEROL TERHADAP KARAKTERISTIK MIX FRUIT LEATHER. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
LAPORAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbandingan buah sirsak dengan daun sirsak serta konsentrasi gliserol dalam pembuatan produk mix fruit leather serta untuk diversifikasi produk olahan pangan, sehingga dihasilkan mix fruit leather dengan karakteristik yang baik dan dapat diterima oleh konsumen. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah pola faktorial (4x3) dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 2 kali ulangan. Rancangan perlakuan yang dilakukan pada penelitian ini terdiri dari dua faktor yaitu perbandingan buah sirsak dengan serbuk daun sirsak (P) yang terdiri dari 4 taraf yaitu p1 (36,08% : 7,22%), p2 (37,9% : 5,4%), p3 (39,7% : 3,6%), p4 (41,5% : 1,8%) dan konsentrasi gliserol (G) yang terdiri dari 3 taraf yaitu g1(2%), g2 (3%), g3(4%) sehingga diperoleh 24 satuan percobaan. Variabel respon yang dianalisis meliputi respon organoleptik (uji hedonik), dan kimia. Respon organoleptik meliputi rasa, aroma, warna, dan tekstur. Analisis kimia yang dilakukan adalah kadar air, kadar vitamin C, kadar gula pereduksi, antioksidan, kadar tanin serta kekerasan (hardness). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan buah sirsak dengan serbuk daun sirsak (P) berpengaruh terhadap karakteristik mix fruit leather respon organoleptik pada atribut rasa, aroma, warna, dan tekstur. Juga berpengaruh pada respon kimia yaitu kadar air, vitamin C, dan gula pereduksi. Penambahan konsentrasi gliserol (G) berpengaruh terhadap karakteristik mix fuit leather respon organoleptik pada atribut rasa dan tekstur. Juga berpengaruh pada respon kimia yaitu kadar air. Interaksi antara perbandingan buah sirsak dengan serbuk daun sirsak (P) dan konsentrasi gliserol berpengaruh terhadap karakteristik mix fruit leather respon organoleptik pada atribut warna dan tekstur. Kata kunci: buah sirsak, daun sirsak, gliserol, mix fruit leather.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 28 Aug 2018 03:25
Last Modified: 28 Aug 2018 03:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35767

Actions (login required)

View Item View Item