PENGARUH JENIS PELAPIS (KITOSAN, GELATIN, DAN KARAGENAN) DAN LAMA PENYIMPANAN TERHADAP KARAKTERISTIK BUAH BLACK MULBERRY (Morus nigra)

Linda Nurmala, Alumni and Thomas Gozali, DS and Asep Dedy Sutrisno, DS (2018) PENGARUH JENIS PELAPIS (KITOSAN, GELATIN, DAN KARAGENAN) DAN LAMA PENYIMPANAN TERHADAP KARAKTERISTIK BUAH BLACK MULBERRY (Morus nigra). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
1. cover TA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB 1,2,3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 4 & kesimpulan,saran.docx
Restricted to Repository staff only

Download (111kB) | Request a copy
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pelapisan pada buah black mulberry (Morus nigra) dengan menggunakan pelapis kitosan, gelatin, dan karagenan, yang dapat mempertahankan mutu dan memperpanjang umur simpan buah black mulberry. Penelitian yang dilakukan terdiri atas dua tahap. Tahap pertama yaitu penentuan batas kritis buah black mulberry segar dengan menggunakan uji organoleptik metode uji hedonik sampai pada kondisi buah mulai tidak disukai oleh konsumen. Tahap kedua adalah menganalisis pengaruh penggunaan kitosan (1%), gelatin (7%), dan karagenan (0,3%) sebagai pelapis pada buah black mulberry. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 2 faktor perlakuan yaitu jenis pelapis dan lama penyimpanan, serta penelitian ini dilakukan sebanyak 2 kali ulangan. Hasil penelitian pelapisan buah black mulberry dengan kitosan menunjukkan hasil yang berpengaruh nyata terhadap kekerasan buah, susut bobot buah, total padatan terlarut, dan total jumlah mikroba tetapi tidak berpengaruh terhadap kandungan vitamin C jika dibandingkan dengan kontrol. Pelapisan black mulberry dengan gelatin memiliki hasil yang berpengaruh nyata terhadap kekerasan buah, total padatan terlarut, dan kandungan vitamin C tetapi tidak berpengaruh pada susut bobot dan total mikroba jika dibandingkan dengan kontrol. Pelapisan black mulberry dengan karagenan berpengaruh pada susut bobot buah, dan kandungan vitamin C, tetapi tidak berpengaruh dalam mempertahankan nilai kekerasan buah, total padatan terlarut dan jumlah mikroba jika dibandingkan dengan kontrol. Lama penyimpanan memiliki hasil yang berpengaruh nyata terhadap karakteristik kimia, fisika, fsikokimia, organoleptik, dan mikrobiologi buah black mulberry. Interaksi antara jenis pelapis dan lama penyimpanan berpengaruh nyata terhadap jumlah total mikroba tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap kandungan vitamin C, susut bobot buah, total padatan terlarut, dan kekerasan buah. Kata kunci : black mulberry, edible coating, kitosan, gelatin, karagenan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 28 Aug 2018 02:45
Last Modified: 28 Aug 2018 02:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35758

Actions (login required)

View Item View Item