PENGARUH PERBANDINGAN FILTRAT BEKATUL DENGAN TEPUNG EDAMAME DAN KONSENTRASI MALTODEKSTRIN TERHADAP KARAKTERISTIK BUBUR INSTAN ORGANIK

Fitria Fauziah, Alumni and Hasnelly, DS and Ela Turmala S, Ds (2018) PENGARUH PERBANDINGAN FILTRAT BEKATUL DENGAN TEPUNG EDAMAME DAN KONSENTRASI MALTODEKSTRIN TERHADAP KARAKTERISTIK BUBUR INSTAN ORGANIK. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
TA (Fitria Fauziah 133020129).pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbandingan filtrat bekatul dengan tepung edamame dan pengaruh konsentrasi maltodekstrin terhadap karakteristik bubur instan organik. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan pemanfaatan bekatul dan edamame berbasis organik. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) tediri dari dua faktor. Faktor pertama yaitu perbandingan filtrat bekatul dengan tepung edamame (T) terdiri dari tiga taraf yaitu: t1 (3:1), t2 (4:1), t3 (5:1). Faktor kedua yaitu konsentrasi maltodekstrin (M) terdiri dari tiga taraf yaitu: m1 (3%), m2 (5%), m3 (7%). Respon yang digunakan dalam penelitian meliputi respon fisik yaitu waktu rehidrasi, respon kimia yaitu kadar pati, kadar protein, kadar air, kadar serat kasar, kadar vitamin B1, dan penetuan (%) Angka Kecukupan Gizi (AKG), dan respon organoleptik yaitu warna, aroma, rasa, dan kekentalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan filtrat bekatul dengan tepung edamame berpengaruh terhadap waktu rehidrasi, kadar pati, kadar protein, warna, rasa, dan kekentalan. Konsentrasi maltodekstrin berpengaruh terhadap waktu rehidrasi, kadar pati, dan kadar protein. Interaksi antara perbandingan filtrat bekatul dengan tepung edamame dan konsentrasi maltodekstrin berpengaruh nyata terhadap kadar protein, aroma, dan rasa. Sampel terpilih yaitu t1m1 dengan nilai kecepatan melarut 51.32 detik, kadar pati sebesar 63.213%, kadar protein sebesar 15.129%, kadar air sebesar 5.963%, kadar serat kasar sebesar 2.985%, Angka Kecukupan Gizi 49.736%, dan kandungan vitamin B1 < 0.15 mg/100 gram. Kata kunci : Bubur instan organik, filtrat bekatul, maltodekstrin, tepung edamame.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 28 Aug 2018 02:25
Last Modified: 31 Oct 2018 07:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35755

Actions (login required)

View Item View Item