PEMBERITAAN PILKADA PROVINSI JAWA BARAT TAHUN 2018 DI MEDIA ONLINE

Gita Rakhmadhani Budiandana, 142050421 (2018) PEMBERITAAN PILKADA PROVINSI JAWA BARAT TAHUN 2018 DI MEDIA ONLINE. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
10. BAB II fix.doc

Download (1MB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka FIXxx.doc

Download (33kB)
[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (65kB) | Preview
[img] Text
9. BAB I fix.doc

Download (68kB)
[img] Text
1. COVER.doc

Download (33kB)
[img] Text
3. ABSTRAKfix.docx

Download (17kB)

Abstract

“PEMBERITAAN PILKADA PROVINSI JAWA BARAT TAHUN 2018 DI MEDIA ONLINE (ANALISIS FRAMING PADA MEDIA ONLINE PIKIRAN RAKYAT DAN TRIBUN JABAR)” Tahun 2018 merupakan momentum pesta demokrasi karena diselenggarakannya pemilihan umum serentak. Masyarakat Jawa Barat menjadi salah satu dari beberapa daerah yang akan memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Periode 2018-2023. Maka pergerakan mesin politik partai menyentuh banyak sarana dalam upaya pemenangan calon yang diusung. Salah satunya adalah media online. Adanya media online menjadi sarana dalam mengedukasi masyarakat dalam berpolitik, namun media pun dapat digunakan untuk kepentingan calon penguasan untuk menggiring opini masyarakat melalui berita-berita yang dimuatnya. Maka dengan alasan tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui framing dan keberimbangan pemberitaan Pilkada Provinsi Jawa Barat di media online Tribun Jabar dan Pikiran Rakyat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Adapun teori yang digunakan adalah kontruksi realitas sosial. Temuan penelitian ini yaitu: (1) Pembingkaian berita Pilkada Provinsi Jawa Barat Tahun 2018 lebih berkaitan dengan isu berita kejadian (what) yang termasuk pada jenis berita interpretatif report atau berita interpretasi karena memuat isu kontroversial tentang Debat Pilkada Jabar 2018 yang kedua; (2) Pikiran rakyat online dan Tribun Jabar Online memiliki kecenderungan untuk membangun citra keempat pasangan calon karena keempat berita itu memunculkan sikap dan perilaku empat pasangan Calon Gubernur dan wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018 pada saat dan setelah debat publik yang kedua diselenggarakan; (3) media online Pikiran Rakyat memiliki kecenderungan mendukung dua pasangan calon Gubernur yang berasal dari partai koalisi pemerintah yaitu pasangan Rindu (Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum) dan pasangan Hasanah (Hasanuddin dan Anton). Adapun Media Online Tribun Jabar memiliki kecenderungan mendukung pasangan Asyik (Sudrajat dan Ahmad Syaikhu), namun di lain berita masih menjaga objektivitas dan netralitasnya dengan menyikapi kejadian pertentangan kaos 2019 Ganti Presiden dalam debat publik KPU dari dua sudut pandang yang berbeda. Kata kunci: media online, analisis framing, berita dan Pilkada Jabar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 27 Aug 2018 06:47
Last Modified: 27 Aug 2018 06:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35744

Actions (login required)

View Item View Item