KAJIAN PERBANDINGAN TEPUNG BERAS MERAH (Oryza nivara) DENGAN KULIT GANDUM (Bran Pollard) DAN WAKTU PEMBEKUAN TERHADAP KARAKTERISTIK FOOD BAR

Michelle Antonia, Alumni and Sumartini, DS and Thomas Gozali, DS (2018) KAJIAN PERBANDINGAN TEPUNG BERAS MERAH (Oryza nivara) DENGAN KULIT GANDUM (Bran Pollard) DAN WAKTU PEMBEKUAN TERHADAP KARAKTERISTIK FOOD BAR. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
a. Cover.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB) | Request a copy
[img] Text
i. Pendahuluan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text
j. Tinjauan Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text
k. Metodologi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text
m. Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text
n. Kesimpulan & Saran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB) | Request a copy
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mendapatkan perbandingan yang tepat antara tepung beras merah dengan kulit gandum, serta pengaruh waktu pembekuan sehingga menghasilkan food bars yang baik. Penelitian yang dilakukan meliputi penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan yaitu menentukan konsentrasi gula pasir, serta penentuan perbandingan tepung beras merah dengan kulit gandum dan waktu pembekuan terbaik pada pembuatan food bars berdasarkan analisis kimia dan uji organoleptik. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial 3´3 dengan tiga kali pengulangan. Data analisis diolah dengan menggunakan analisis variansi (ANAVA) dan uji lunjat Duncan. Variabel yang digunakan terdiri dari perbandingan tepung beras merah dengan kulit gandum (a) yaitu perbandingan 20%:30% (a1), perbandingan 30%:20% (a2), dan perbandingan 40%:10% (a3), dan waktu pembekuan (b) yaitu 2 jam (b1), 3 jam (b2) dan 4 jam (b3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan tepung beras merah dengan kulit gandum berpengaruh terhadap kadar protein, kadar air, kadar gula reduksi, atribut aroma, rasa, tekstur dan atribut warna. Waktu pembekuan berpengaruh terhadap kadar protein, kadar air, kadar gula reduksi, aroma, rasa, dan tekstur. Interaksi perbandingan tepung beras merah dengan kulit gandum dan waktu pembekuan memberikan pengaruh nyata terhadap kadar protein, kadar gula reduksi, dan rasa. Berdasarkan hasil pemilihan sampel dengan protein tertinggi, produk terpilih yang didapatkan yaitu pada perlakuan a1b3 perbandingan tepung beras merah dengan kulit gandum (20%:30%) dan waktu pembekuan 4 jam. Dalam analisis sampel terpilih produk memiliki nilai kadar pati sebesar 52,42%, kadar lemak sebesar 0,055%, dan kadar serat pangan sebesar 21,05%. Kata Kunci: Food Bars, Tepung Beras Merah, Kulit Gandum, Waktu Pembekuan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 27 Aug 2018 03:13
Last Modified: 27 Aug 2018 03:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35723

Actions (login required)

View Item View Item