PEMBELAJARAN MENGANALISIS ASPEK MAKNA DALAM TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN METODE CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SITI NADIA ULFA MAULIDIYAH, 145030017 (2018) PEMBELAJARAN MENGANALISIS ASPEK MAKNA DALAM TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN METODE CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER OK.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran menganalisis aspek makna dalam penelitian ini menggunakan keterampilan membaca. Menganalisis aspek makna adalah pembelajaran yang mengaitkan antara makna pengertian, rasa, nada dan tujuan. Metode Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) adalah metode yang bertujuan untuk memperluas pengetahuan peserta didik khususnya dalam pembelajaran menganalisis aspek makna dalam teks biografi. Dengan demikian, peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian mengenai menganalisis aspek makna dalam teks biografi menggunakan metode Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) pada siswa kelas X SMA Pasundan 4 Bandung tahun pelajaran 2017/2018. Peneliti mengajukan permasalahan sebagai berikut; Adakah perbedaan hasil belajar pada peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam menganalisis aspek makna dalam teks biografi menggunakan metode Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE)?; Efektifkah metode Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) digunakan dalam pembelajaran menganalisis aspek makna dalam teks biografi pada siswa kelas X SMA Pasundan 4 Bandung? Adapun hasil penelitiannya yaitu, perbedaan hasil belajar antara dua kelas menunjukkan hasil pretes kelas eksperimen rata-rata sebesar 26.12, dan nilai postes rata-rata 80.83, sedangkan pada kelas kontrol rata-rata pretes 21.80, dan rata-rata nilai postes 60.65. Metode yang digunakan pada kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan pada kelas kontrol dalam pembelajaran menganalisis aspek makna dalam teks biografi pada siswa kelas X SMA Pasundan 4 Bandung. Hal ini dibuktikan berdasarkan tabel “Hasil Uji Dua Rata-rata Postes dengan Uji MannWithney”, didapatkan hasil signifikansi sebesar 0.000, dikarenakan hasil signifikansi sebesar 0.000<0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa metode Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) efektif digunakan untuk menganalisis aspek makna dalam teks biografi. Kata Kunci: Menganalisis, membaca, aspek makna, teks biografi, metode Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 25 Aug 2018 08:58
Last Modified: 25 Aug 2018 08:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35717

Actions (login required)

View Item View Item