PEMBELAJARAN MENELAAH UNSUR-USUR DAN KEBAHASAAN SURAT DINAS DENGAN MENGGUAKAN METODE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SHOBAH NURUL FIKROH, 145030122 (2018) PEMBELAJARAN MENELAAH UNSUR-USUR DAN KEBAHASAAN SURAT DINAS DENGAN MENGGUAKAN METODE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
0_Dokumen (2).pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Metode think pair share adalah salah satu metode kooperatif yang digunakan penulis dalam penelitian ini untuk mengukur tingkat kemampuan peserta didik dalam menelaah unsur-unsur dan kebahasaan surat dinas agar meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Dalam hal ini, berpikir kritis juga sangatlah penting untuk dikuasai oleh setiap peserta didik. Untuk melihat tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik penulis dapat membandingkannya pada hasil pretes dan postes yang diberikan pada peserta didik kelas VII. Metode yang penulis gunakan adalah mixed methode dengan teknik penelitian uji coba, observasi, tes, dan analisis. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menelaah unsur-unsur dan kebahasaan surat dinas dengan menggunakan metode think pair share untuk mengukur tingkat kemampuaan berpikir kritis peserta didik baik pada kelas kontrol dan eksperimen? Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. Penulis mampu merencakan dan melaksanakan pembelajaran dengan baik. Hal tersebut dibuktikan oleh nilai yang diperoleh penulis pada tahap perencanaan yaitu 3.96 dan nilai rata-rata untuk kegiatan pelaksanaan yaitu 3.98; Metode think pair share efektif digunakan dalam pembelajaran menelaah unsur-unsur dan kebahasaan surat dinas untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung. Hal ini terbukti dengan penghitungan statistik dengan hasil ternyata thitung lebih besar dari ttabel pretes dan postes pada kelas eksperimen yakni 24,3 > 2,8 dan thitung lebih besar dari ttabel pretes dan postes pada kelas kontrol yakni 11,8>2,8, pada tingkat kepercayaan 95% dan d.b sebesar 29; Adanya perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran menelaah unsur-unsur dan kebahasaan surat dinas pada hasil pretes dengan rata-rata 9,6 dan hasil postes dengan rata-rata 12,86 dengan menggunakan metode think pair share sebagai kelas eksperimen dan 5,6 dengan hasil rata-rata pretes dan 6,46 hasil postes pada kelas control menggunakan metode diskusi sebagai kelas kontrol pada peserta didik kelas VII SMP Pasundan 2 Bandug. Berdasarkan fakta-fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran berhasil. Kata kunci: Menelaah, surat dinas, berpikir kritis, metode think pair share.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 25 Aug 2018 08:57
Last Modified: 08 Oct 2018 06:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35716

Actions (login required)

View Item View Item