KORELASI KONSENTRASI INOKULUM Acetobacter aceti TERHADAP KARAKTERISTIK ASAM ASETAT (VINEGAR) JAGUNG PUTIH (Zea mays indurata)

Norbertha Yunia Bria Seo, Alumni and Sumartini, DS and Tantan Widiantara, DS (2018) KORELASI KONSENTRASI INOKULUM Acetobacter aceti TERHADAP KARAKTERISTIK ASAM ASETAT (VINEGAR) JAGUNG PUTIH (Zea mays indurata). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
TA Vinegar Jagung Putih [Norbertha Y. Bria Seo].docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi konsentrasi inokulum Acetobacter aceti terhadap karakteristik asam asetat jagung putih dan organoleptik asam asetat jagung putih dengan konsentrasi Acetobacter aceti 10%, 12%, dan 15%. Rancangan penelitian yaitu metode regresi linier sederhana, dimana variabel bebas menyatakan lama fermentasi yaitu 1 hari, 2 hari, 3 hari, 4 hari, 5 hari, 6 hari, dan 7 hari dengan variabel terikat menyatakan kadar asam asetat, kadar alkohol, ph asam asetat. Rancangan analisis dilakukan untuk menentukan hubungan variabel bebas terhadap variabel tidak bebas dengan menghitung korelasi antara kedua variabel tersebut terhadap respon yang diukur. Respon organoleptik meliputi warna dan aroma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi inokulum Acetobacter aceti (10%, 12%, 15%) berkorelasi positif terhadap karakteristik kadar asam asetat dan kadar alkohol konsentrasi Acetobacter aceti 15% tetapi konsentrasi inokulum Acetobacter aceti 10%, 12%, 15% berkorelasi negatif terhadap pH dan kadar alkohol (konsentrasi inokulum Acetobacter aceti 10% dan 12%). Respon organoleptik warna hari ke satu dan hari ke tujuh memiliki tingkat kesukaan agak suka dan suka. Respon organoleptik aroma hari ke satu dan hari ke tujuh memiliki tingkat kesukaan agak tidak suka dan suka.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 24 Aug 2018 03:18
Last Modified: 24 Aug 2018 03:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35684

Actions (login required)

View Item View Item