Eka Oktafianto Permana, Alumni and Jajan Rohjan, DS and Furi Sari Nurwulandari, Dosen PWK Unpas (2018) TUGAS AKHIR DAMPAK KEGIATAN TSM TERHADAP KEMACETAN DI RUAS JALAN GATOT SUBROTO. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.
Text
Cover.docx Restricted to Repository staff only Download (54kB) | Request a copy |
|
Text
BAB I.docx Restricted to Repository staff only Download (83kB) | Request a copy |
|
Text
BAB II Tabel.docx Restricted to Repository staff only Download (25kB) | Request a copy |
|
Text
BAB II.docx Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.doc Restricted to Repository staff only Download (63kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (621kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Bandung yang menjadi Ibu Kota Jawa Barat tidak lepas dari permasalahan kemacetan dimana beberapa ruas jalan di Kota Bandung selalu mengalami kemacetan hampir setiap hari khususnya pada jam-jam sibuk. salah satu ruas jalan di Kota Bandung yang selalu mengalami kemacetan adalah Ruas Jalan Gatot Subroto. Pada ruas Jalan Gatot Subroto ini terdapat beberapa kegiatan yang cukup padat seperti salah satu kawasan terpadu ternama Kota Bandung yaitu Trans Studio Mall (TSM), pasar, kegiatan perkantoran, dan pertokoan. Untuk mengetahui kemacetan di ruas Jalan Gatot Subroto dilakukan indentifikasi dan beberapa metode analisis pengurai kemacetan. Dimana dapat diketahui bahwa penyebab terbesar kemacetan di Ruas Jalan Gatot Subroto terjadi karena tingginya hambatan samping seperti PKL, penyeberang jalan dan keluar masuk kendaraan pada guna lahan sekitar dan jalan sekitar Gatot Subroto. Untuk menangani kemacetan tersebut dapat dilakukan dengan beberapa alternatif pengurai kemacetan diantaranya dengan melakukan alternatif perubahan sirkulasi jalan dari 2/2UD menjadi 4/2D dan alternatif penutupan ruas jalan dengan median jalan pada persimpangan Jalan Gatot Subroto. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa alternatif mengurangi kendaraan yang berbelok kanan dengan menutup ruas jalan gatot subroto dengan median jalan menjadi salah satu alternative yang lebih di prioritaskan, hal ini karena tingginya kendaraan yang masuk dan keluar yang melakukan belok kanan baik itu pada jalan sekitar jalan gatot subroto maupun dari guna lahan yang ada di sekitar jalan gatot subroto, sehingga arus kendaraan menerus pada jalan Gatot Subroto mengalami tundaan. Sedangkan untuk alternatife perubahan sirkulasi jalan dari 2/2UD menjadu 4/2D menjadi prioritas terendah karena dalam pelaksanaanya harus memiliki kekurangan dari dana yang cukup besar serta waktu yang lama dalam penanganannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2018 |
Depositing User: | Irwan Kustiawan |
Date Deposited: | 21 Aug 2019 08:13 |
Last Modified: | 21 Aug 2019 08:13 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35683 |
Actions (login required)
View Item |