PENDUGAAN UMUR SIMPAN BUAH JAMBU BIJI MERAH (Psidium Guajava L.) DENGAN KOMBINASI PERENDAMAN DALAM INHIBITOR DAN PELAPISAN KITOSAN

MEILIZA CAHYA HAPSARI, Alumni and Dede Zainal Arief, DS and Agus Triyono, DS (2017) PENDUGAAN UMUR SIMPAN BUAH JAMBU BIJI MERAH (Psidium Guajava L.) DENGAN KOMBINASI PERENDAMAN DALAM INHIBITOR DAN PELAPISAN KITOSAN. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
SKRIPSI MEILIZA CAHYA HAPSARI (133020209).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menentukan konsentrasi inhibitor, lama perendaman dalam larutan inhibitor dan konsentrasi kitosan yang dapat menekan pengaruh lama penyimpanan terhadap respon serta menduga umur simpan buah jambu biji merah (Psidium guajava L.) varietas Citayam yang diberi perlakuan kombinasi antara perendaman tangkai buah ke dalam larutan inhibitor dan pelapisan kitosan. Penelitian yang dilakukan terdiri atas dua tahap. Tahap pertama yaitu penentuan konsentrasi larutan inhibitor dan lama perendaman yang digunakan pada penelitian tahap dua. Variasi konsentrasi larutan inhibitor yang digunakan yaitu 0, 10, 30 dan 50 ppm. Variasi lama perendaman yang digunakan yaitu 4, 8 dan 12 jam.. Tahap kedua yaitu penentuan konsentrasi kitosan yang dikombinasikan dengan konsentrasi inhibitor dan lama perendaman terpilih yang dapat menekan pengaruh lama penyimpanan terhadap respon serta pendugaan umur simpan buah jambu biji merah. Variasi konsentrasi kitosan yang digunakan yaitu 0, 1, 2 dan 3%. Respon pada penelitian ini terdiri atas susut bobot, tingkat kekerasan, kandungan vitamin C, kadar air dan total padatan terlarut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penelitian tahap satu, peningkatan konsentrasi larutan inhibitor dapat menekan pengaruh lama penyimpanan terhadap respon susut bobot buah jambu biji merah, namun tidak dapat menekan pengaruh lama penyimpanan terhadap respon tingkat kekerasan, kandungan vitamin C, kadar air dan total padatan terlarut. Peningkatan lama perendaman tangkai buah jambu biji merah ke dalam larutan inhibitor tidak dapat menekan pengaruh lama penyimpanan terhadap seluruh respon. Konsentrasi inhibitor dan lama perendaman yang dapat menekan pengaruh lama penyimpanan buah jambu biji merah terhadap respon susut bobot, tingkat kekerasan, kandungan vitamin C, kadar air dan kandungan total padatan terlarut berturut-turut yaitu 50 ppm 4 jam, 10 ppm 4 jam, 10 ppm 8 jam, 10 ppm 8 jam dan 30 ppm 4 jam. Pada penelitian tahap dua, pendugaan umur simpan buah jambu biji merah varietas Citayam menggunakan metode regresi linier dengan kombinasi perlakuan perendaman tangkai buah jambu biji merah ke dalam larutan inhibitor 10 ppm selama 4 jam dan pelapisan buah dengan kitosan 3% didapat hasil sebesar 35,14 hari dengan respon kandungan vitamin C dibandingkan dengan kontrol hanya 8 hari penyimpanan. Kata kunci : jambu biji merah, varietas Citayam, umur simpan, konsentrasi inhibitor, lama perendaman, konsentrasi kitosan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 24 Aug 2018 02:47
Last Modified: 24 Aug 2018 02:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35677

Actions (login required)

View Item View Item