VARIASI PERBANDINGAN KACANG MERAH DENGAN AIR DAN PENAMBAHAN SUSU SKIM PADA PEMBUATAN KEFIR SUSU KACANG MERAH (Phaseolus vulgaris)

Denti Sri Mulyati, alumni and Neneng Suliasih, DS and Dede Zainal Arief, DS (2018) VARIASI PERBANDINGAN KACANG MERAH DENGAN AIR DAN PENAMBAHAN SUSU SKIM PADA PEMBUATAN KEFIR SUSU KACANG MERAH (Phaseolus vulgaris). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
TUGAS AKHIR DENTI SRI MULYATI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (656kB) | Request a copy
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kacang merah dengan air serta konsentrasi susu skim dalam menentukan karakteristik kefir susu kacang merah. Rancangan perlakuan yang dilakukan pada penelitian ini terdiri dari dua faktor yaitu faktor variasi perbandingan kacang merah dengan air (M) yang terdiri dari 3 taraf yaitu m1 (1:6), m2 (1:7), dan m3 (1:8) serta faktor variasi konsentrasi susu skim yang terdiri dari 3 taraf yaitu n1 (5%), n2 (10%), dan n3 (15%). Respon pada penelitian ini meliputi respon kimia (total asam dan kadar alkohol), respon fisik (viskositas), dan respon organoleptik (rasa, aroma dan after taste). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor (M), faktor (N), serta interaksi antara keduanya memberikan karakteristik yang beragam pada setiap variasi konsentrasi. Perbandingan Kacang Merah dengan Air (M) memberikan pengaruh nyata terhadap respon organoleptik (aroma, rasa, after taste), respon kimia (total asam dan kadar alkohol), serta terhadap respon fisika (viskositas). Konsentrasi Susu Skim (N) serta Interaksi antara perbandingan kacang merah dengan air dan konsentrasi susu skim memberikan pengaruh nyata terhadap respon organoleptik (aroma, rasa, after taste), respon kimia (total asam), serta terhadap respon fisika (viskositas). Namun, tidak berpengaruh terhadap respon kimia (kadar alkohol).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 23 Aug 2018 06:18
Last Modified: 23 Aug 2018 06:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35651

Actions (login required)

View Item View Item