PEMBELAJARAN MENGANALISIS KAIDAH KEBAHASAAN TEKS NEGOSIASI BERFOKUS PADA KALIMAT BERSYARAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS X SMAN 27 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

YUNI AGUSTINA, 145030060 (2018) PEMBELAJARAN MENGANALISIS KAIDAH KEBAHASAAN TEKS NEGOSIASI BERFOKUS PADA KALIMAT BERSYARAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS X SMAN 27 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstark.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstract.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ringkesan.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (89kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Menganalisis termasuk ke dalam kegiatan membaca, karena ketika akan menganalisis suatu teks hal yang pertama kali dilakukan adalah membaca. Keterampilan membaca akan memudahkan siswa dalam menganalisis suatu teks, baik dari segi isi, struktur, maupun kebahasaannya. Berkaitan dengan penjelasan tersebut, penulis tertarik melakukan penelitian dengan menggunakan metode inkuiri. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah (1) Apakah penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran menganalisis kaidah kebahasaan teks negosiasi berfokus pada kalimat bersyarat pada siswa kelas X SMAN 27 Bandung dengan menggunakan metode Inkuiri? (2) Apakah siswa kelas X SMAN 27 Bandung mampu menganalisis kaidah kebahasaan teks negosiasi berfokus pada kalimat bersyarat dengan menggunakan metode inkuiri? (3) Apakah metode inkuiri efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis kaidah kebahasaan teks negosiasi berfokus pada kalimat bersyarat pada siswa kelas X SMAN 27 Bandung? Adapun hasil penelitian sebagai berikut.(1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran menganalisis kaidah kebahasaan teks negosiasi berfokus pada kalimat bersyarat pada siswa kelas X SMAN 27 Bandung dengan menggunakan metode Inkuiri. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,68. (2) Siswa kelas X SMAN 27 Bandung mampu menganalisis kaidah kebahasaan teks negosiasi berfokus pada kalimat bersyarat dengan menggunakan metode inkuiri. Hal ini terbukti dari hasil rata-rata pretest 16,92 dan nilai rata-rata posttest 73,1. Jadi, adanya peningkatan 58,5. (3) Metode inkuiri efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis kaidah kebahasaan teks negosiasi berfokus pada kalimat bersyarat pada siswa kelas X SMAN 27 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung > ttabel , yaitu 27,8 > 23,4 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 24. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa penulis berhasil melakukan pembelajaran menganalisis kaidah kebahasaan teks negosiasi berfokus pada kalimat bersyarat dengan menggunakan metode inkuiri. Kata kunci : menganalisis, metode inkuiri, teks negosiasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Aug 2018 03:39
Last Modified: 23 Aug 2018 03:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35641

Actions (login required)

View Item View Item