PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DRAMA DALAM BENTUK NASKAH MENGGUNAKAN METODE THINK PAIR SHARE UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP GOTONG ROYONG PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 CIPATAT

Rivaldi Prayoga, 145030073 (2018) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DRAMA DALAM BENTUK NASKAH MENGGUNAKAN METODE THINK PAIR SHARE UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP GOTONG ROYONG PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 CIPATAT. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAC.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkesan.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ACC BAB 1.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ACC BAB 2.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ACC BAB 3.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text
ACC BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)
[img] Text
ACC BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img]
Preview
Text
ACC dapus.pdf

Download (77kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur drama dilakukan dengan cara membaca. Dalam pembelajaran ini peserta didik membaca sebuah naskah drama untuk mengidentifikasi unsur-unsur drama yang ada dalam naskah tersebut. Unsur-unsur drama terdiri dari plot, penokohan, dialog, setting, tema, amanat, dan petunjuk teknis. Metode Think Pair Share merupakan metode yang membuat peserta didik belajar secara berkelompok dan secara individu. Penggunaan metode Think Pair Share dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur drama diharapkan dapat menumbuhkan sikap gotong royong pada peserta didik. Dengan demikian penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur drama dalam bentuk naskah menggunakan metode Think Pair Share untuk menumbuhkan sikap gotong royong pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cipatat. Penulis mengajukan permasalahan sebagai berikut; 1) Bagaimana kemampuan siswa kelas VIII kelompok experimen dan kelas VIII kelompok kontrol dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur drama dalam bentuk naskah dengan menggunakan metode Think Pair Share untuk menumbuhkan sikap gotong royong?; 2) Tepatkah metode Think Pair Share digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur drama dalam bentuk naskah untuk menumbuhkan sikap gotong royong pada siswa kelas VIII SMPN 2 Cipatat? Adapun hasil penelitian yaitu, hasil penilaian sikap gotong royong pada kelas eksperimen peserta didik mendapatkan rata-rata nilai yaitu 3,90 sedangkan pada kelas kontrol yaitu 3,09. Kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur drama peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Think Pair Share lebih unggul yaitu dengan rata-rata hasil postes 81,64 dengan hasil uji statistik, thitung > ttabel, yaitu 10,25>2,34 sedangkan pada kelas eksperimen mendapatkan rata-rata nilai 68,36 dengan hasil uji statistik sebesar thitung > ttabel, yaitu 7,67>2,34. Hal ini membuktikan jika penggunaan metode pembelajaran Think Pair Share lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi unsur-unsur drama dan mampu menumbuhkan sikap gotong royong. Kata kunci: Pembelajaran, mengidentifikasi, drama, unsur-unsur drama, metode Think Pair Share, karakter, gotong royong.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 21 Aug 2018 06:39
Last Modified: 21 Aug 2018 06:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35604

Actions (login required)

View Item View Item