PENGARUH KONSENTRASI PENSTABIL DAN GULA STEVIA TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN FUNGSIONAL KULIT BUAH NAGA MERAH (Hylocereus polyhiruz)

Anggie Chyntia Lestari, Alumni and Wisnu Cahyadi, DS and Nana Sutisna Achyadi, Dosen (2018) PENGARUH KONSENTRASI PENSTABIL DAN GULA STEVIA TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN FUNGSIONAL KULIT BUAH NAGA MERAH (Hylocereus polyhiruz). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
bab I revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text
bab II revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text
bab III revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text
bab IV revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text
V Kesimpulan & saran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB) | Request a copy
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Kulit buah naga merah yang hanya dijadikan limbah memiliki kandungan yang banyak manfaatnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi penstabil dan gula stevia terhadap karakteristik minuman fungsional kulit buah naga merah. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat memanfaatkan limbah kulit buah naga merah dengan penambahan penstabil dan gula stevia agar produk dapat diterima oleh konsumen. Penelitian ini meliputi penelitian pendahuluan, penelitian utama, dan penelitian sampel terpilih. Penelitian pendahuluan dilakukan untuk mendapatkan penstabil terpilih dan analisis bahan baku. Pada penelitian utama digunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial (3x3) dengan 3 kali ulangan. Rancangan perlakuan yang dilakukan pada penelitian ini terdiri dari dua faktor yaitu faktor pertama adalah konsentrasi penstabil (CMC) (a) terdiri dari a1 (0.2 %), a2 (0.3%), a3(0.4%) faktor kedua adalah konsentrasi gula stevia (b) terdiri dari b1 (0.06%), b2 (0.11%), b3 (0.16). Hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan konsentrasi penstabil terpilih dan konsentrasi stevia memberikan pengaruh nyata terhadap rasa, kenampakan, dan vitamin C tetapi tidak memberikan pengaruh nyata terhadap warna. Interaksi konsentrasi penstabil terpilih dan konsentrasi gula stevia memberikan pengaruh nyata terhadap rasa. Perlakuan utama produk terpilih yaitu a3b2 (penstabil terpilih 0.4% dan gula stevia 0.11%) menunjukkan minuman fungsional kulit buah naga merah mengandung gula reduksi sebesar 5.1594%, TPC sebesar 1.2 x 102 cfu/ml, memiliki kestabilan yang baik dengan nilai 0.492% brix, dan tidak terdapat Escherichia coli. Secara keseluruhan konsentrasi penstabil dan gula stevia berpengaruh nyata terhadap karakteristik minuman fungsional kulit buah naga merah. Kata Kunci : Penstabil, Gula stevia, Minuman Fungsional, Kulit buah naga merah.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 21 Aug 2018 06:37
Last Modified: 21 Aug 2018 06:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35603

Actions (login required)

View Item View Item