PEMBELAJARAN MENYAJIKAN GAGASAN KREATIF TEKS NARASI BERORIENTASI MAJAS METAFORA IN PRAESETIA MELALUI PENERAPAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Tating Kartini, 145030036 (2018) PEMBELAJARAN MENYAJIKAN GAGASAN KREATIF TEKS NARASI BERORIENTASI MAJAS METAFORA IN PRAESETIA MELALUI PENERAPAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK..pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACK.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (459kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran menyajikan gagasan kreatif teks narasi berorientasi pada majas metafora in praesetia berkaitan dengan keterampilan menulis. Model pembelajaran example non-example bertujuan mendorong siswa untuk belajar berpikir kritis dengan memecahkan permasalahan yang termuat dalam contoh-contoh gambar yang disajikan. Oleh karena itu, peneliti tertarik melakukan penelitian dengan menggunakan model example non-example. Rumusan masalah yang peneliti ajukan yaitu: 1) Mampukah peneliti melaksanakan kegi atan pembelajaran menyajikan gagasan kreatif teks narasi berorientasi majas metafora in praesetia dengan menggunakan model example non-example pada siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung tahun pelajaran 2018/2019; 2) Mampukah siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung tahun pelajaran 2018/2019 mengikuti pembelajaran menyajikan gagasan kreatif teks narasi berorientasi majas metafora in praesetia dengan menggunakan model example non-example; 3) Efektifkah penerapan model example non-example digunakan dalam pembelajaran menyajikan gagasan kreatif teks narasi berorientasi majas metafora in praesetia pada siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung tahun pelajaran 2018/2019?. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode Quasi Experiment dengan desain the one group pretes-postes. Adapun hasil penelitiannya adalah nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan sebesar 3,64; nilai rata -rata pretes sebesar 42,93 dan postes 80,33; Jadi, adanya peningkatan sebesar 37,4. Hasil perhitungan statistik membuktikan > yaitu 16,19 > 2,04 dalam tingkat kepercayaan 95% taraf siginfikan 5% dan derajat kebebasan 29. Berdasarkan fakta tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa peneliti berhasil melakukan pembelajaran menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita imajinasi dengan model example non-example. Kata Kunci: Berorientasi, Gagasan Kreatif, Majas Metafora In Praesetia, Model Eexample Non Example, Pembelajaran, Teks Narasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:54
Last Modified: 31 Aug 2018 01:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35595

Actions (login required)

View Item View Item