Tating Kartini, 145030036 (2018) PEMBELAJARAN MENYAJIKAN GAGASAN KREATIF TEKS NARASI BERORIENTASI MAJAS METAFORA IN PRAESETIA MELALUI PENERAPAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
| 
 | Text COVER.pdf Download (168kB) | Preview | |
| 
 | Text ABSTRAK..pdf Download (116kB) | Preview | |
| 
 | Text ABSTRACK.pdf Download (192kB) | Preview | |
| 
 | Text RINGKESAN.pdf Download (85kB) | Preview | |
| 
 | Text BAB 1.pdf Download (184kB) | Preview | |
| 
 | Text BAB 2.pdf Download (321kB) | Preview | |
| 
 | Text BAB 3.pdf Download (459kB) | Preview | |
| ![[img]](http://repository.unpas.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | |
| ![[img]](http://repository.unpas.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) | |
| 
 | Text DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) | Preview | 
Abstract
Pembelajaran menyajikan gagasan kreatif teks narasi berorientasi pada majas metafora in praesetia berkaitan dengan keterampilan menulis. Model pembelajaran example non-example bertujuan mendorong siswa untuk belajar berpikir kritis dengan memecahkan permasalahan yang termuat dalam contoh-contoh gambar yang disajikan. Oleh karena itu, peneliti tertarik melakukan penelitian dengan menggunakan model example non-example. Rumusan masalah yang peneliti ajukan yaitu: 1) Mampukah peneliti melaksanakan kegi atan pembelajaran menyajikan gagasan kreatif teks narasi berorientasi majas metafora in praesetia dengan menggunakan model example non-example pada siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung tahun pelajaran 2018/2019; 2) Mampukah siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung tahun pelajaran 2018/2019 mengikuti pembelajaran menyajikan gagasan kreatif teks narasi berorientasi majas metafora in praesetia dengan menggunakan model example non-example; 3) Efektifkah penerapan model example non-example digunakan dalam pembelajaran menyajikan gagasan kreatif teks narasi berorientasi majas metafora in praesetia pada siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung tahun pelajaran 2018/2019?. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode Quasi Experiment dengan desain the one group pretes-postes. Adapun hasil penelitiannya adalah nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan sebesar 3,64; nilai rata -rata pretes sebesar 42,93 dan postes 80,33; Jadi, adanya peningkatan sebesar 37,4. Hasil perhitungan statistik membuktikan > yaitu 16,19 > 2,04 dalam tingkat kepercayaan 95% taraf siginfikan 5% dan derajat kebebasan 29. Berdasarkan fakta tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa peneliti berhasil melakukan pembelajaran menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita imajinasi dengan model example non-example. Kata Kunci: Berorientasi, Gagasan Kreatif, Majas Metafora In Praesetia, Model Eexample Non Example, Pembelajaran, Teks Narasi.
| Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) | 
|---|---|
| Subjects: | S1-Skripsi | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 | 
| Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata | 
| Date Deposited: | 31 Aug 2018 01:54 | 
| Last Modified: | 31 Aug 2018 01:54 | 
| URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35595 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
        