PEMBELAJARAN MENGANALISIS KEBAKUAN KAIDAH KEBAHASAAN DALAM TEKS NEGOSIASI MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS X SMK PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Warsiti, 145030037 (2018) PEMBELAJARAN MENGANALISIS KEBAKUAN KAIDAH KEBAHASAAN DALAM TEKS NEGOSIASI MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS X SMK PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK..pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN..pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (504kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul dari penelitian ini adalah “Pembelajaran Menganalisis Kebakuan Kaidah Kebahasaan melalui Penerapan Model Discovery Leraning pada Siswa Kelas X SMK Pasundan 2 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018.” Peneliti mengajukan rumusan masalah diantaranya (1) Bagaimanakah kemampuan penulis dalam melaksanakan pembelajaran menganalisis kebakuan kaidah kebahasaan dalam teks negosiasi dengan menggunakan model discovery learning? (2) Bagaimanakah siswa kelas X SMK Pasundan 2 Bandung mengikuti pembelajaran menganalisis kebakuan kaidah kebahasaan teks negosiasi menggunakan model discovery learning? (3) Efektifkah model discovery learning digunakan dalam pembelajaran menganalisis kebakuan kaidah kebahasaan teks negosiasi pada siswa kelas X SMK Pasundan 2 Bandung? Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-experimental designs (nondesigsn). Hipotesis yang telah dibuat sebagai berikut (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis kebakuan kaidah kebahasaan melalui penerapan model discovery learning. Hal ini dapat dibuktikan pada hasil penilaian guru Bahasa Indonesia mengenai persiapan dan pelaksanaan pembelajaran pada siswa kelas X SMK Pasundan 2 Bandung. Didapatkan nilai rata-rata pelaksanaan pembelajaran adalah 3,64. (2) Peserta didik kelas X SMK Pasundan 2 Bandung mampu menganalisis kebakuan kaidah kebahasaan melalui penerapan model discovery learning. Hal ini dapat terbukti dari hasil pretest dengan rata-rata 48,8 dan hasil posttest dengan rata-rata 77,4. Perbedaan ini menunjukkan selisih 77,4 – 48,5 = 28,6, sehingga menghasilkan peningkatan dari pretest dan posttest sebesar 28,6. (3) Model discovery learning efektif diterapkan dalam pembelajaran menganalisis kebakuan kaidah kebahasaan dalam teks negosiasi pada siswa kelas X SMK Pasundan 2 Bandung. Hal ini terbukti berdasarkan uji statistik diketahui t hitung ≥ t tabel yaitu 12,8 > 2,04. Dalam tingkat kepercayaan 95%, taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 29. Dengan demikian, model discovery learning tepat digunakan dalam pembelajaran menganalisis kebakuan kaidah kebahasaan dalam teks negosiasi. Kata Kunci: Pembelajaran, Menganalisis, Teks Negosiasi, Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 21 Aug 2018 03:51
Last Modified: 21 Aug 2018 03:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35591

Actions (login required)

View Item View Item