GULA (GULA PASIR, GULA MERAH, SERTA CAMPURAN GULA PASIR DAN GULA MERAH) TERHADAP KARAKTERISTIK MANISAN KERING LABU KUNING (Cucurbita Moschata)

Meisya Ferinzani Suparman, Alumni and Tantan Widiantara, DS and Dede Zainal Arief, DS (2018) GULA (GULA PASIR, GULA MERAH, SERTA CAMPURAN GULA PASIR DAN GULA MERAH) TERHADAP KARAKTERISTIK MANISAN KERING LABU KUNING (Cucurbita Moschata). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI MEISYA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui korelasi konsentrasi campuran gula pasir dan gula merah terhadap karakteristik manisan kering labu uning (Cucurbita moschata). Penelitian yang dilakukan terdiri atas tiga tahap. Tahap pertama yaitu penentuan lama pengeringan manisan kering hingga kadar air manisan kering maksimal 25%. Variasi lama pengeringan yaitu 0 menit, 1 jam, 2 jam, 3 jam, 4 jam, 5 jam, 6 jam, 7 jam, dan 8 jam, respon yang dianalisis yaitu respon kimia analisis kadar air. Tahap kedua yaitu untuk mengetahui korelasi konsentrasi gula pasir dan korelasi konsentrasi gula merah terhadap karakteristik manisan kering labu kuning. Variasi konsentrasi gula pasir dan gula merah yang digunakan yaitu 40%, 50%, dan 60%, respon yang dianalisis yaitu respon kimia analisis kadar air dan respon fisik yaitu tekstur. Tahap ketiga yaitu untuk mengetahui korelasi konsentrasi campuran gula pasir dan gula merah terhadap karakteristik manisan kering labu kuning. Variasi yang digunakan yaitu campuran gula pasir dan gula merah dengan konsentrasi 40%, 50%, 60%, dengan masing-masing konsentrasi perbandingan 1:1, respon yang dianalisis yaitu respon kimia analisis kadar air dengan metode Destilasi dan respon fisik yaitu tekstur. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa penelitian tahap satu memberikan hasil semakin lama pengeringan kadar air pada manisan kering akan semakin menurun, lama pengeringan terbaik digunakan pada pengeringan 8 jam. Pada penelitian tahap dua memberikan hasil konsentrasi gula pasir memiliki korelasi negatif sangat kuat terhadap kadar air, dan tekstur manisan kering labu kuning, sedangkan pada konsentrasi gula merah memiliki korelasi positif sangat kuat tergadap kadar air dan tekstur manisan kering labu kuning. Pada penelitian tahap ketiga konsentrasi campuran gula pasir : gula merah dengan perbandingan 1:1 memiliki korelasi negatif sangat kuat terhadap kadar air, dan korelasi positif sangat kuat terhadap tekstur manisan kering labu kuning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 21 Aug 2018 02:40
Last Modified: 21 Aug 2018 02:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35573

Actions (login required)

View Item View Item