PEMBELAJARAN MENULIS SURAT (PRIBADI DAN DINAS) UNTUK KEPENTINGAN RESMI DENGAN MEMPERHATIKAN STRUKTUR TEKS MENGGUNAKAN METODE QUANTUM LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 KANDANGHAUR

NOVA ALZIRAH, 145030083 (2018) PEMBELAJARAN MENULIS SURAT (PRIBADI DAN DINAS) UNTUK KEPENTINGAN RESMI DENGAN MEMPERHATIKAN STRUKTUR TEKS MENGGUNAKAN METODE QUANTUM LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 KANDANGHAUR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran menulis merupakan salah satu pembelajaran yang ada pada pembelajaran Bahasa Indonesia, salah satunya adalah menulis surat pribadi dan dinas menggunakan metode quantum learning. Berkaitan dengan hal tersebut peneliti tertarik untuk membuat judul “Pembelajaran Menulis Surat (Pribadi dan Dinas) untuk Kepentingan Resmi dengan Memperhatikan Struktur Teks Menggunakan Metode Quantum Learning pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kandanghaur”. Metode yang digunakan peneliti adalah metode eksperimen semu, jenisnya nonequivalent control group design. Teknik yang digunakan yaitu telaah pustaka, uji coba dan tes. Nilai hasil perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran membuktikan bahwa peneliti mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran menulis surat pribadi dan surat dinas dengan memperhatikan struktur teks menggunakan metode quantum learning. Nilai rata-rata yang diperoleh peneliti adalah 3,57 yang termasuk pada kategori sangat baik. Siswa SMP Negeri 2 Kandanghaur mampu menulis surat pribadi dan dinas dengan memperhatikan struktur teks dengan menggunakan metode quantum learning dengan tepat. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil dari nilai pretes dan postes. Nilai rata-rata pretes pada kelas eksperimen adalah 31,26 sedangkan nilai rata-rata postesnya adalah 81,96. Sehingga selisih antara keduanya adalah 50,70, artinya siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kandanghaur mampu menulis surat pribadi dan dinas dengan memperhatikan struktur teks dengan menggunakan metode quantum learning dengan tepat. Kata kunci: Surat Dinas, Surat Pribadi, Quantum Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 20 Aug 2018 04:46
Last Modified: 20 Aug 2018 04:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35545

Actions (login required)

View Item View Item