A’ISA, 145030103 (2018) PEMBELAJARAN MENELAAH UNSUR KEBAHASAAN EKS LEGENDA YANG DIBACA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. cover.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
6.1ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
6.2 ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
6.3ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (263kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (685kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA 2.pdf Download (76kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran menelaah unsur kebahasaan dalam penelitian ini menggunakan keterampilan membaca. Menelaah unsur kebahasaan adalah pembelajaraan yang mengaitkan antara pengertian, unsur kebahasaan. Metode Snowball Throwing adalah merupakan salah satu metode kooperatif yang digunakan penulis dalam penelitian ini untuk mengukur tingkat kemampuan peserta didik dalam menelaah unsur kebahasaan teks legenda agar meningkatkan kemampuanpeserta didik dalam memahami unsur kebahasaan teks legenda. Dengan demikia, penelti merasa tertarik untuk melakukan penelitian mengenai menelaah unsur kebahasaan teks legenda dengan menggunakan metode Snowball Throwingpada siswa kelas VII SMP Pasundan 3 Bandung tahun pelajaran 2017/2018. Penulis mengajukan permasalahan sebagai berikut; Adakah perbedaan hasil belajar pada peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam menelaah unsur kebahasaan teks legenda dengan menggunakan metode Snowball Throwing ?; Efektifkah metode Snowball Throwingdigunakan dalam pembelajaraan menelaah unsur kebahasaan teks legenda pada siswa kelas VII SMP Pasundan 3 Bandung ? Adapun hasil penelitianya yaitu, perbedaan hasil belajar antara dua kelas menunjukkan hasil pretes kelas eksperimen 42.81, dan rata- rata nilai postes 89.40, sedangkan pada kelas kontrol rata-rata sebesar 41.90, dan rata-rata nilai postes 68.50. Metode yang digunakan pada kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan pada kelas kontrol dalam menelaah unsur kebahasaan teks legenda pada siswa kelas VII SMP Pasundan 3 Bandung. Hal ini dibuktikan berdasarkan tabel “ Hasil Uji Dua Rata-rata Postes dengan Uji Mann-Withney” didapatkan hasil signifikansi sebesar 0.000, dikarenakan hasil signifikansi sebesar 0.000<0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil peneletian tersebut, penulis menyimpulkan bahwa metode Snowball Throwingefektif digunakan untuk menelaah unsur kebahasaan teks legenda. Kata Kunci: Menelaah, membaca, unsur kebahasaan, teks legenda, Snowball Throwing.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 20 Aug 2018 04:35 |
Last Modified: | 20 Aug 2018 04:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35540 |
Actions (login required)
View Item |