PEMBELAJARAN MENGANALISIS ISI DAN KEBAHASAAN DRAMA YANG DIBACA BERFOKUS PADA PENGGAMBARAN WATAK TOKOH DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPINGPADA SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 1 BANDUNG

FAUZY VIDIANJAYA PUTRA, 145030005 (2018) PEMBELAJARAN MENGANALISIS ISI DAN KEBAHASAAN DRAMA YANG DIBACA BERFOKUS PADA PENGGAMBARAN WATAK TOKOH DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPINGPADA SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 1 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. ABSTRAK.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB 1.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB 2.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB 3.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
7. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca berfokus pada penggambaran watak tokoh adalah salah satu pembelajaran yang melatih peserta didik dalam kegiatan membaca. Penulis bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca. Masalah yang timbul saat ini ditandai oleh kurangnya pemahaman peserta didik akan menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca berfokus pada penggambaran watak tokoh. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen kuasi. Adapun hasil dari penelitiannya, yaitu: (1) Penulismampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca berfokus pada penggambaran watak tokoh dengan metode Mind Mappingpada peserta didik kelas XI SMA Pasundan 1 Bandung. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai perencanaan dan pelaksanaan sebesar 3,9; (2) Peserta didik kelak XI SMA Pasundan 1 Bandung mampumelaksanakan kegiatan pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca berfokus pada penggambaran watak tokoh. Hal terbukti dari hasil nilai rata-rata Pretest yaitu sebesar 52,53 dan nilai rata-rata Posttest sebesar 80,81. Jadi, terdapat peningkatan sebesar 28,28; (3) Metode Mind Mapping efektif diterapkan dalam pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca berfokus pada penggambaran watak tokoh terhadap peserta didik kelas XI SMA Pasundan 1 Bandung. Dibuktikan dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung ≥ t table yaitu 14,28 ≥ 2,05 pada tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 26. Berdasarkan fakta tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima. Kata kunci: Menganalisis, Metode Mind Mapping, Isi dan Kebahasaan Drama, Watak Tokoh

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 20 Aug 2018 04:32
Last Modified: 20 Aug 2018 04:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35539

Actions (login required)

View Item View Item