ARAHAN SISTEM PENGELOLAAN LIMBAH DOMESTIK DI SEPANJANG DAERAH ALIRAN SUNGAI JAMBLANG DALAM MENDUKUNG KEGIATAN PERTANIAN DI KABUPATEN CIREBON

Dwi Restia Rachmawati, Alumni and Budi Heri Pirngadie, Dosen PWK Unpas and Reza Martani Surdia, Ds (2018) ARAHAN SISTEM PENGELOLAAN LIMBAH DOMESTIK DI SEPANJANG DAERAH ALIRAN SUNGAI JAMBLANG DALAM MENDUKUNG KEGIATAN PERTANIAN DI KABUPATEN CIREBON. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
#09. BAB I PENDAHULUAN..docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
#10. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text
#11. BAB III GAMBARAN UMUM.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy
[img] Text
#12. BAB IV ANALISIS DAN ARAHAN SISTEM PENGELOLAAN AIR LIMBAH DOMESTIK.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
#13. BAB V KESIMPULAN DAN REKOMENDASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (28kB) | Request a copy
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Banyaknya aktivitas manusia yang menggunakan air mengakibatkan konsumsi air bersih semakin besar, sehingga peningkatan kebutuhan ini akan diikuti oleh jumlah air buangan yang dihasilkan penduduk dari berbagai aktivitas sehari-hari. Besarnya jumlah air buangan atau limbah domestik yang masuk ke badan air disebabkan oleh kesadaran masyarakat untuk hidup bersih dan sehat masih relatif rendah. Karena sebagian masyarakat masih membuang air limbah domestik dari kegiatan mandi, cuci, dan kakus (grey water) begitu saja ke dalam saluran drainase yang seharusnya untuk air hujan atau badan sungai tanpa melalui proses terlebih dahulu. Beberapa dari daerah aliran sungai tersebut merupakan sungai yang dimanfaatkan sebagai sumber air baku untuk air minum dan pengairan irigasi untuk pertanian, salah satunya adalah Daerah Aliran Sungai (DAS) Jamblang di Kabupaten Cirebon yang saat ini mengalami kerusakan yang paling berat di Kabupaten Cirebon akibat kegiatan rumah tangga maupun industri. Oleh karena itu mengingat Daerah Aliran Sungai (DAS) Jamblang memiliki peran strategis dalam mendudkung kehidupan makhluk hidup, maka dibutuhkan sistem pengolahan limbah yang baik, terintegrasi dan aman untuk mengatasi permasalahan tersebut serta sebagai upaya dalam mendukung kegiatan pertanian. Metoda yang digunakan adalah analisis proyeksi penduduk menggunakan metode regresi linier, proyeksi kebutuhan air minum dan proyeksi timbulan air limbah berdasarkan KIMPRASWIL 2003, dan proyeksi pencemaran air limbah yang akan terjadi 20 tahun menadatang. Hasil analisis dari penelitian ini adalah teridentifikasi permasalahan air limbah di DAS Jamblang terhadap kegiatan pertanian dengan melihat dampak yang dihasilkan oleh limbah terhadap hasil pertanian dan hasil persepsi masyarakat, sehingga dapat diberikan arahan mengenai sistem prasarana pengelolaan air limbah berdasarkan permasalahan pencemaran air limbah, kondisi wilayah, dan daya dukung lingkungannya. Kata Kunci: Limbah Domestik, Daerah Aliran Sungai (DAS), Air Limbah Terhadap Kegiatan Pertanian.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 20 Aug 2018 02:34
Last Modified: 20 Aug 2018 02:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35520

Actions (login required)

View Item View Item