PENGARUH EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN, PEMAHAMAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH, DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Survey pada Pemerintah Daerah di Wilayah Bandung Raya)

IMANIANTHI MOENITHA, 144020043 and Pembimbing I, Prof. Dr. Hj Ida Suraida,M.S.,Ak,.C.A and Pembimbing 2, Budi Septiawan., SE., M.AK., MBA (2018) PENGARUH EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN, PEMAHAMAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH, DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Survey pada Pemerintah Daerah di Wilayah Bandung Raya). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (573kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk meneliti Pengaruh Efektivitas Pengendalian Intern, Pemahaman Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, dan Kompetensi Sumber Daya Manusia terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yang dilaksanakan pada Pemerintah Daerah di wilayah Bandung Raya pada tahun 2018. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh atau sensus, diperoleh jumlah populasi sebanyak 60 pegawai bagian akuntansi pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan verifikatif menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Pengendalian Intern, Pemahaman Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, dan Kompetensi Sumber Daya Manusia berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah secara parsial dan simultan. Presentase pengaruh Efektivitas Pengendalian Intern sebesar 31,6% terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, presentase Pemahaman Sistem Akuntansi Keuangan Daerah sebesar 11,2% terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, dan besarnya presentase Kompetensi Sumber Daya Manusia sebesar 23,0% terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Sedangkan presentase pengaruh Efektivitas Pengendalian Intern, Pemahaman Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, dan Kompetensi Sumber Daya Manusia secara simultan terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah pada Pemerintah Daerah di wilayah Bandung Raya sebesar 65,8%. Kata Kunci: Efektivitas Pengendalian Intern, Pemahaman Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2014
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 16 Aug 2018 07:56
Last Modified: 16 Aug 2018 07:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35506

Actions (login required)

View Item View Item